Utamakan Protokol Kesehatan untuk Mencegah Terbentuknya Klaster Baru

Sabtu, 13 Juni 2020 - 19:58 WIB
loading...
Utamakan Protokol Kesehatan untuk Mencegah Terbentuknya Klaster Baru
IKAPPI mencatat bahwa sebanyak 529 pedagang pasar positif terjangkit virus Corona dan 29 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia akibat wabah ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mencatat bahwa sebanyak 529 pedagang pasar positif terjangkit virus Corona (Covid-19), dan 29 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia akibat wabah ini.

Untuk itu, dibutuhkan perhatian yang serius dari pemerintah dan pihak pengelola pasar. (Baca juga: 658 WNI di Luar Negeri Sembuh Corona, 1.037 Positif dan 316 Orang Dirawat)

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy tak menampik jika Pasar memang menjadi tempat kerumunan yang paling rawan. (Baca juga: Gelar Pilkada di Tengah Pandemi, 218 Daerah Perlu Perhatian Ekstra)

"Potensi untuk menjadi cluster sangat tinggi. Di lain pihak, pasar juga menjadi nadi perekonomian karena menjadi bagian dari mata rantai pasok yang vital," kata Muhadjir saat dihubungi, Sabtu (13/6/2020). (Baca juga: Fraksi PPP Dukung Maklumat MUI Tentang RUU HIP)

Oleh sebab itu, Muhadjir meminta, pembukaan kembali pasar harus diprioritaskan, akan tetapi juga dibutuhkan pengawasan yang ketat serta penegakan protokol kesehatan di wilayah ini harus dilakukan dengan ketat.

"Antara lain harus sering dilakukan rapid test terhadap semua awak pasar. Juga disediakan fasilitas pertolongan pertama darurat Covid," ujarnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)