Gawat! Prajurit TNI Ngamuk, Komandan Diikat di Tiang Listrik

Minggu, 13 Februari 2022 - 08:18 WIB
loading...
A A A
Prabowo mengakui, penyelewengan yang sering ditemukan adalah hal-hal semacam ini. Menantu dari Presiden ke 2 RI Soeharto menyebut, korupsi yang paling banyak di pasukan adalah mengorupsi, mencuri uang uang makan anak buah sendiri.

Tak ingin hal itu terjadi pada anak buahnya, putra dari begawan ekonomi Soemitro Djojohadikusumo ini banyak belajar dari Letnan Jenderal TNI (Purn) Himawan Soetanto. Bagi Prabowo, sosok Himawan Soetanto merupakan contoh pemimpin yang baik dan dekat dengan anak buah.

”Salah satu nilai yang saya dapat dari Pak Himawan Soetanto adalah komandan harus dekat dengan anak buah. Komandan harus bersama mereka dari bangun pagi sampai tidur. Komandan harus cek bagaimana kondisi anak buah mulai dari dapur, kamar mandi, bahkan harus juga periksa pakaian dalam anak buah,” katanya.

Prabowo mengaku mengenal sosok Himawan Soetanto saat dirinya masuk AKABRI. Saat itu, yang bersangkutan menjabat sebagai Wakil Gubernur AKABRI Bidang Operasi Pendidikan. Memiliki kemampuan bahasa Inggris, Belanda dan Jepang, Himawan Soetanto merupakan sosok pemimpin yang berwawasan luas karena gemar membaca, santai dan tidak kaku serta dekat anak buah.

”Belajar dari Pak Himawan Soetanto tersebutlah, saya mempunyai kebiasaan mengecek detail dapur dan pelengkapan anak buah. Pada suatu waktu saya pernah menemukan pakaian dalam prajurit sudah cokelat bukan putih lagi. Saya juga pernah menemukan korupsi yang paling banyak itu selalu dari dapur. Daging satu kilogram untuk 16 orang. Akhirnya di TNI sempat disebut daging silet. Karena daging setipis silet. Tragis,” kenangnya.

Gawat! Prajurit TNI Ngamuk, Komandan Diikat di Tiang Listrik


Masalah makan, kata Prabowo, adalah sangat vital untuk prajurit. Bahkan, Napoleon Bonaparte, pemimpin militer terbesar dalam sejarah Prancis pernah mengatakan bahwa suatu tentara itu bergeraknya di atas perut. Artinya, kalau tidak ada makan, suatu tentara tidak mungkin bergerak. ”Saya anjurkan kepada seluruh yang ingin menjadi pemimpin yang baik, jangan pernah mencuri dari anak buah. Ini adalah rumus paling cepat untuk saudara dilawan oleh anak buah,” tuturnya.

Prabowo juga mengingat nasihat yang disampaikan seniornya angkatan 68 yang bernama Sunarto. Karena ada beberapa Sunarto yang leting 68 beliau diberi nama Sunarto Bulu karena badannya lebat dengan bulu di tangan, di dada dan seluruh badannya. ”Prabowo, kelemahan perwira muda tidak pernah mau ngurus logistik. Tidak pernah mau urusan dapur. Kalau mau berhasil, kalau kamu mau dicintai anak buah, uruslah makan mereka, periksalah dapur setiap pagi,” kenangnya.

Nasihat itulah yang didengarkan dan diterapkan Prabowo. Setiap pasukan yang dipimpinnya, Prabowo selalu mengecek dapurnya. Bahkan tidak segan-segan datang jam 3 atau 4 pagi untuk untuk mengecek pada saat mereka masak.

”Saya tanya, apa menu makan untuk besok? Mana menu belanjaannya? Dan saya lihat potongan ayam itu dipotong berapa. Kalau untuk ukuran Indonesia yang pantas itu 1 ayam bisa dipotong untuk 10 sampai 12 orang. Tapi sering terlihat di pasukan-pasukan, 1 ayam dipotong 16. Pernah saya latihan bersama tentara Amerika di Amerika. Di Amerika itu satu ayam dimakan 4 orang. Jadi 1 orang makan seperempat ayam,” kata Prabowo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)