AHY hingga Jenderal Andika Layak Dampingi Anies di Pilpres 2024

Minggu, 06 Februari 2022 - 05:45 WIB
loading...
AHY hingga Jenderal Andika Layak Dampingi Anies di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan salah satu tokoh berlatar belakang sipil yang namanya sering masuk bursa calon presiden (capres) 2024 di sejumlah survei. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan salah satu tokoh berlatar belakang sipil yang namanya sering masuk bursa calon presiden (capres) 2024 di sejumlah survei. Tidak sedikit juga kelompok masyarakat yang mendeklarasikan dukungan untuk pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 ini maju ke Pilpres 2024 .

Di antaranya, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES), Bersama Anies Kami Siap (BERAKSI), Sobat Anies, serta para pemain bulu tangkis Solo Raya dan Banyumas yang biasa bermain di Gelanggang Olahraga (GOR) milik pengusaha beras Billy Haryanto alias Billy Beras. Sementara itu, berdasarkan survei lembaga Parameter Politik Indonesia yang diumumkan pada Minggu 23 Februari 2020, komposisi duet pasangan calon presiden dan wakil presiden berlatar belakang militer-sipil menjadi paling diinginkan masyarakat dalam Pilpres 2024.

Sebanyak 30,4 persen dari 2.197 responden yang tersebar di 220 desa dan kelurahan di seluruh Indonesia menginginkan pasangan militer-sipil. Nah, siapa sosok berlatar belakang militer yang cocok mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024?





“Saat ini, Anies sedang menjadi rising star. Gelombang dukungan kepada Anies untuk menjadi presiden 2024-2029 cukup terasa. Hal ini di antaranya ditandai dengan adanya banyak daerah yang membuat kelompok relawan dan mendeklarasikan Anies for presiden,” kata Pengamat politik Tony Rosyid kepada SINDOnews, Sabtu (5/2/2022).

Dia melihat kelompok relawan itu mulai dari Pulau Jawa, hingga Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Dari kalangan milenial sampai kalangan dewasa. “Fakta ini menarik buat sejumlah tokoh yang berminat untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024. Dalam survei, bermunculan banyak tokoh yang posisinya cocok menjadi nomor duanya Anies. Baik dari kalangan sipil maupun militer,” kata Tony.

Dari kalangan sipil, kata dia, nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sempat mencuat. “Pasangan ini cukup tinggi potensi kemenangannya. Dukungan dari warga nahdiyin, Jawa dan perempuan memperbesar Anies untuk menang,” imbuhnya.



Kemudian, Tony membeberkan sejumlah tokoh berlatar belakang militer yang cocok mendampingi Anies di Pilpres 2024. “Dari kalangan militer ada Agus Harimurti Yudhoyono atau lebih dikenal dengan sapaan AHY. Ada nama besar di belakang AHY, yaitu SBY sang ayah,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)