Prabowo: Negara Kuat Kalau Teknologi Pertahanannya Kuat

Sabtu, 05 Februari 2022 - 12:05 WIB
loading...
Prabowo: Negara Kuat Kalau Teknologi Pertahanannya Kuat
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan peran para akademisi dalam mengembangkan teknologi sangat dibutuhkan, terutama dalam rangka memperkuat pertahanan negara. FOTO/KEMHAN
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan bahwa para ilmuwan berada di garis depan pembangunan bangsa. Untuk itu, peran para akademisi dalam mengembangkan teknologi sangat dibutuhkan, terutama dalam rangka memperkuat pertahanan negara .

"Ekonomi akan kuat kalau industri kuat. Industri kita kuat kalau teknologi kita kuat. Pertahanan kita akan kuat kalau teknologi kita kuat dan negara akan kuat kalau pertahanan kuat," ujar Prabowo usai menandatangani kerja sama penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan teknologi yang mendukung pertahanan negara di UGM seperti dikutip dari siaran pers Kemhan, Sabtu (5/2/2022).

Tujuan dari kerja sama yang ditandatangani oleh Menhan Prabowo dan Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono ini untuk menciptakan sinergi antara pemerintah dan kampus guna mendukung pertahanan negara serta pengembangan pendidikan maupun teknologi pertahanan.



"Jadi semua ini mata rantai. Kalau ekonomi kuat industri harus kuat. Industri butuh teknologi. Teknologi akan menghasilkan pertahanan kuat. Pertahanan kuat akan menjamin negara kuat dan makmur,” katanya.

Prabowo pun meminta kepada para akademisi untuk terus mengembangkan teknologi, dan kampus dalam hal ini adalah ujung tombaknya. "Kita harus jaga kekayaan negara kita dan kita mengandalkan kampus, cendekiawan kita. Para teknokrat, teknolog, ilmuwan berada di garis depan dalam rangka pembangunan bangsa. Karena itu saya datang ke sini," ujarnya.

Selama berada di Kampus UGM, Prabowo juga menyaksikan beberapa inovasi dari UGM, di antaranya adalah pesawat tanpa awak atau UAV Fiachra Aeromapper, UAV Amphibi Gama V2, Rudal Pasopati Rocket Assisted Take-Off, drone Palapa S-1, dan Geospatial Artificial Intelligence (GEOAI) untuk bidang pertahanan dan keamanan. UGM juga memaparkan beberapa inovasi di bidang lainnya seperti kesehatan, pangan, dan rekayasa digital untuk pendeteksian bencana.

Baca juga: Prabowo Dipameri Drone hingga Rudal Tempur Buatan UGM
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0914 seconds (0.1#10.140)