KPK Manfaatkan Ekstradisi Indonesia-Singapura untuk Buru Harun Masiku

Jum'at, 04 Februari 2022 - 06:52 WIB
loading...
KPK Manfaatkan Ekstradisi Indonesia-Singapura untuk Buru Harun Masiku
KPK akan memanfaatkan perjanjian ekstradisi antara Indonesia dengan Singapura yang sudah diteken beberapa waktu lalu, untuk mencari para buronan kasus korupsi. Salah satunya, Harun Masiku. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) bakal segera memanfaatkan perjanjian ekstradisi antara Indonesia dengan Singapura yang sudah diteken beberapa waktu lalu, untuk mencari para buronan kasus korupsi. Salah satunya, Harun Masiku yang hingga kini masih misterius keberadaannya.

"Mungkin nama-nama lain yang dalam catatan kami sebagai DPO (daftar pencarian orang) kalau memang keberadaannya bisa di-detect ya tetap akan kita cari, termasuk Harun Masiku juga," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto saat dikonfirmasi, Jumat (4/2/2022).

Sejauh ini, diakui Karyoto, pihaknya masih belum dapat mendeteksi dengan pasti keberadaan Harun Masiku. Namun, ia meyakini bahwa kerja sama ekstradisi antara Indonesia dengan Singapura bisa memperluas pencarian KPK terhadap Harun Masiku.



KPK mempersilakan masyarakat ikut andil dalam pencairan Harun Masiku dengan menginformasikan keberadaan buronan yang paling diburu tersebut. Karyoto mengklaim, informasi sekecil apa pun soal Harun Masiku pasti ditindaklanjuti.

"Kalau memang ada hal-hal yang mengetahui di mana dan kita juga bisa melakukan perlintasan dengan memenuhi persyaratan bagi negara yang akan dilintasi kami akan melakukan upaya itu," ucap Karyoto.

Sekadar informasi, Harun Masiku merupakan mantan caleg PDI Perjuangan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR.

Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya. Ketiganya yakni, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan; mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina; serta pihak swasta, Saeful (SAE).

Baca juga: Ditanya soal Paulus Tannos dan Harun Masiku, KPK: Tunggu Omicron Reda

Harun Masiku lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Ia berhasil melarikan diri. Ia kemudian ditetapkan sebagai buronan KPK pada Januari 2020. Harun juga telah dicegah untuk bepergian ke luar negeri. Kendati demikian, hingga kini belum diketahui keberadaan Harun Masiku.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)