Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Minggu, 30 Januari 2022 - 07:25 WIB
loading...
A A A
Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Jembatan Brawijaya di atas Sungai Brantas Kota Kediri. Foto/ist

Kota Kediri berada di Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Wilayah kota ini diperkirakan pernah menjadi pusat Kerajaan Kadiri. Tanggal 27 Juli 879 Masehi ditetapkan sebagai hari jadi Kota Kediri atau telah berusia 1.142 tahun. Penetapan tanggal tersebut berdasarkan Prasasti Kuwak yang ditemukan pada tahun 1892. Prasasti ini menjelaskan status Kediri sebagai tanah sima atau kawasan pertanian. Di Kota Kediri berdiri salah satu pabrik rokok terbesar di Tanah Air.



4. Kota Magelang

Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Kota Magelang menetapkan 11 April 907 Masehi sebagai hari jadi. Foto/ist

Kota Magelang berada di Provinsi Jawa Tengah yang saat ini sudah berusia 1.114 tahun, kota ini menjadi gologan kota tertua juga, karena Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989 yang ditetapkan pada hari jadi Kota Magelang 11 April 907 Masehi. Hari jadi ini diperkuat dengan ditemukan lumpang batu yang diyakni sebagai tempat upacara penetapan sima atau perdikan.

5. Kota Banda Aceh

Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh. Foto/dok.SINDOnews

Kota Banda Aceh dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi atau telah berusia 816 tahun. Kota Banda Aceh merupakan salah satu kota Islam yang tertua di Asia Tenggara dan menjadi salah satu kota tertua di Indonesia juga. Dilansir dari situs resmi Pemkot Banda Aceh, Provinsi Aceh memiliki kampus-kampus yang bagus yaitu, Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar Raniry dan Universitas Muhammadiyah Aceh.

6. Kota Padang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)