Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Minggu, 30 Januari 2022 - 07:25 WIB
loading...
Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia
Sejumlah kota usianya jauh lebih tua dari Republik Indonesia. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jauh sebelum menjadi sebuah negara bernama Indonesia, di Kepulauan Nusantara sudah berdiri kerajaan-kerajaan yang jejaknya masih bisa dilihat di sejumlah kota yang usianya jauh lebih tua dari pada Republik Indonesia. Bukan saja mengasyikkan, mengunjungi kota-kota tua di Indonesia juga mampu menambah informasi-informasi berharga mengenai sejarah di masa lalu. Berikut enam kota tertua di Indonesia berdasarkan hari jadi resmi yang ditetapkan pemerintah setempat.

1. Kota Palembang

Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Jembatan Ampera, salah satu ikon Kota Palembang. Foto/dok.SINDOnews

Kota Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan menjadi kota tertua di Indonesia. Di kota inilah Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 dulu berpusat. Bukti keberadaan Kota Palembang pada abad ketujuh adalah Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, sebelah barat Kota Palembang.
Palembang dibentuk sebagai wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada 16 Juni 682 Masehi. Tanggal itu pun ditetapkan sebagai hari jadi Kota Palembang yang kini telah berusia 1.339 tahun. Selain Jembatan Ampera yang menjadi ikon, Palembang berkembang pesat dengan berdirinya beberapa kampus negeri seperti Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya.



2. Kota Salatiga

Ini Dia 6 Kota Bersejarah Paling Tua di Indonesia

Kota Salatiga telah berusia 1.271 tahun. Foto/ist

Menurut situs resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPDI), sejarah Kota Salatiga bersumber pada Prasasti Plumpungan di daerah Duku Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo. Prasasti ini berupaka tulisan dalam batu besar berjenis andesit berukuran panjang 170 cm, lebar 160 cm dengan garis lingkar 5 meter.

Dalam prasasti tersebut tertulis bahwa Salatiga (ketika itu disebut Hampra) adalah wilayah perdikan. Artinya, wilayah ini diistimewakan dengan dibebaskan dari pajak atau upeti karena dianggap punya jasa pada raja. Prasasti ini diperkirakan dibuat pada 24 Juli 750 Masehi pada masa Kerajaan Mataram Kuno.
Tanggal 24 Juli tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kota Salatiga melalui Peraturan Daerah Tingkat II Nomor 15 Tahun 1955. Kota Salatiga sekarang sudah menginjak usia 1.271 tahun.


3. Kota Kediri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)