Pemkab Sampang usir relawan kemanusiaan

Sabtu, 01 September 2012 - 22:03 WIB
Pemkab Sampang usir relawan kemanusiaan
Pemkab Sampang usir relawan kemanusiaan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang mengusir relawan yang ada di Posko pengungsian warga Syiah di gelanggang olahraga (GOR) Sampang. Upaya pengungsian ini sempat diwarnai ketegangan antara petugas Pemkab dan para relawan yang sedang menyalurkan bantuan untuk para pengungsi.

Salah satu koordinator relawan Aan Anshori mengungkapkan, sekira pukul 11.30 WIB, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Pemkab Sampang Abdul Malik, meminta sejumlah relawan untuk keluar dari lokasi Posko relawan untuk pengungsi Syiah.

Kadinsos ini datang, dan meminta kepada para relawan kemanusiaan ini untuk keluar dari lokasi. Padahal, pihaknya telah ada di lokasi sejak lima hari yang lalu, dan bertugas untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada sejumlah pengungsi Syiah.

"Posko ini mendistribusikan berbagai macam kebutuhan pengungsi yang dihimpun dari banyak pihak dan masyarakat luas," kata Aan yang juga Koordinator Jaringan Lintas Iman untuk Kemanusiaan Sampang melalui siaran persnya di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (1/9/2012).

Dia mengungkapkan, Abdul Malik meminta agar Posko relawan kemanusiaan ini dibongkar, karena dianggap mengganggu ketertiban. "Permintaan ini mengada-ada dan tidak berdasar. Terlebih lagi menurut pengungsi, posko tersebut justru sangat membantu kebutuhan para pengungsi," ujarnya.

Manajer Program Lembaga Kajian dan Pengembangan SDM (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama ini mengungkapkan, upaya pengusiran ini adalah skenario dari Pemkab untuk menutup akses pihak luar terhadap para pengungsi ini. "Ini adalah bagian dari skenario Pemkab untuk mengisolasi para pengungsi yang terdiri dari warga Syiah," tandasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5453 seconds (0.1#10.140)