Jalan Mendaki Pembudayaan Olahraga

Rabu, 26 Januari 2022 - 15:08 WIB
loading...
A A A
Memberhasilkan Pembudayaan Olahraga
Untuk mewujudkan akselerasi pada jalan mendaki pembudayaan olahraga berorientasi pada berbagai ikhtiar produktif meningkatkan partisipasi, kebugaran, literasi fisik, dan kecukupan ruang terbuka olahraga. Setidaknya ada 4 (empat) formulasi yang semestinya dilakukan secara komprehensif. Pertama, menumbuhkan karakter internal individu dalam berolahraga. Hal tersebut mutlak diperlukan untuk mewujudkan nilai passion individu dan kekuatan motif berolahraga secara internal. Formulasi karakter tersebut dikenal dengan istilah “penularan”. Penularan pertama adalah habituasi yang didesain melalui kebiasaan hidup sehari-hari, mulai dari aktivitas kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang. Berikutnya adalah melalui intervensi dalam keperilakuan, kemudian yang paling penting adalah keteladanan. Memberikan keteladan merupakan tantangan tersendiri dalam proses pembudayaan olahraga.

Kedua, pembudayaan olahraga dilakukan dengan basis komunitas informal, formal, dan nonformal. Jalur informal adalah lingkup yang berada di tataran lingkungan keluarga inti. Betapa keluarga itu dengan sangat kuatnya membentuk passion yang melekat. Pola asuh keluarga dan karakteristik keluarga menjadi faktor pembentuk. Ada sebuah ungkapan joke tapi sesuai fakta, bahwa: “seorang pembalap mobil hanya tumbuh di keluarga pembalap mobil”.

Pada tataran nonformal, komunitas olahraga memiliki habitat yang sangat luas dan lebih leluasa berkembang. Aneka komunitas olahraga tumbuh secara sangat alamiah, karena diikat oleh kegemaran dan hobi yang sama. Ikatan batin yang terbentuk antar anggota komunitas sangat kuat, sehingga iklim sosio-emosional sangat dahsyat. Diperlukan skenario besar untuk memberikan kondisi ideal tentang keberadaan komunitas agar tidak berkembang sebagai kelompok yang eksklusif dan “narsistik”. Keberadaan komunitas olahraga adalah sebuah kekayaan kolektif yang berkontribusi utnuk mengakselerasi pembudayaan olahraga.

Ketiga, formula kampanye inklusi olahraga dilakukan dengan basis olahraga untuk semua dan olahraga untuk membangun peradaban. Kampanye olahraga dikemas sebagai “panglima” dari aksi nondiskriminasi yang sebenarnya. Olahraga dikampanyekan juga untuk membangun peradaban masyarakat madani yang sejahtera (Baca: sehat, damai, dan makmur). Dalam kacamata yang demikian, maka kampanye bukan sekadar mendesain aktivitas sporadis dalam kegiatan massal yang berulang. Visi kampanye mengarah pada pembentukan literasi fisik kolektif publik. Kampanye sukses ketika berhasil memberikan “pekerjaan rumah” berupa keharusan berolahraga sepanjang hayat.

Keempat, capaian pertumbuhan budaya olahraga ditakar dengan parameter terpercaya. Kemajuan budaya olahraga tidak bisa direpresentasikan oleh banyaknya anggota masyarakat yang berolahraga di hari tertentu dan di tempat tertentu. Berjubelnya masyarakat berolahraga pada hari tertentu/event tertentu tidak serta merta bisa dijadikan kesimpulan bahwa budaya olahraga masyarakat sudah tinggi.

Memang pekerjaan besar pembudayaan olahraga utamanya adalah untuk mendongkrak angka partisipasi, kebugaran, literasi fisik, dan ruang terbuka olahraga publik. Akan tetapi karena lintasan pembudayaan berupa jalan yang mendaki, maka diperlukan aneka formulasi yang menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa. Pembudayaan olahraga bukan wilayah “ke-AKU-an”, juga bukan urusan “ke-KAMI-an”, tetapi berada di ranah “ke-KITA-an”. Memberhasilkan pembudayaan olahraga artinya memberikan kontribusi kolektif menuju bangsa yang digdaya dan bangsa yang sejahtera. Hal tersebut merupakan pesan moral berenergi yang sangat “seksi” dalam tahap-tahap capaian pembudayaan olahraga, walaupun bergerak pada lintasan menanjak dan mendaki.

.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)