Siap Berpidato Tentang Islam Tengah, Zulhas: Ini Jalan Terbaik untuk Indonesia

Selasa, 25 Januari 2022 - 20:42 WIB
loading...
Siap Berpidato Tentang Islam Tengah, Zulhas: Ini Jalan Terbaik untuk Indonesia
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan menyampaikan Pidato Kebudayaan bertajuk Indonesia Butuh Islam Tengah di Perpustakaan Nasional RI, Sabtu (29/1/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan menyampaikan Pidato Kebudayaan bertajuk 'Indonesia Butuh Islam Tengah' di Perpustakaan Nasional RI, Sabtu (29/1/2022) mendatang. Zulhas menjadi salah satu dari sedikit tokoh politik Indonesia yang akan menyampaikan pokok pikiran dan pandangannya tentang kebudayaan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut bahwa langkah ini merupakan sesuatu yang positif dan perlu diapresiasi semua pihak.

"Pak Zulhas ingin hadir berbagi peran bagi kemajuan bangsa. Pidato kebudayaan yang akan disampaikan Pak Zulhas sebagai tokoh nasional ini saya kira akan menjadi inspirasi bagi kekuatan-kekuatan politik nasional sekaligus warga bangsa. Politik bukan hanya berorientasi pada kekuasaan, tetapi juga mengedepankan pandangan tentang kebudayaan," kata Haedar Nashir dalam keterangan tertulisnya dikutip, Selasa (25/1/2022).



Selain dikenal sebagai tokoh politik yang memimpin PAN, Zulhas juga kerap menyuarakan pentingnya narasi Islam Tengah dalam politik. Bagi Zulkifli Hasan, sintesis antara Islam dan negara dalam konteks Indonesia merupakan jalan politik terbaik yang telah teruji dan perlu terus dijalankan oleh aktor-aktor politik dan kekuasaan.

"Saya akan sampaikan secara utuh dalam pidato kebudayaan nanti. Mudah-mudahan bermanfaat bagi bangsa dan negara," kata Wakil Ketua MPR RI ini.



Sementara itu, Direktur Eksekutif Amanat Institute, Fahd Pahdepie, yang menjadi penyelenggara Zulhas Award dan Pidato Kebudayaan Zulkifli Hasan ini menyebut bahwa sosok Zulhas dalam perannya kali ini bukan hanya sebagai pimpinan parpol atau pejabat lembaga tinggi negara.

Baca juga: Zulkifli Hasan Ajak Pasha Ungu Keliling Jateng Panaskan Mesin PAN

"Dalam Pidato Kebudayaannya nanti kita harus menempatkan Zulkifli Hasan sebagai tokoh nasional, tokoh intelektual yang tampil dan mempertanggungjawabkan gagasan kebangsaannya di hadapan publik. Ini napas segar bagi masa depan politik kebangsaan kita. Jarang tokoh politik yang memikirkan aspek kebudayaan," katanya.

Pidato Kebangsaan Zulkifli Hasan akan digelar bersamaan dengan penganugerahan Zulhas Award bagi para intelektual muda dari berbagai penjuru di Indonesia. Mereka merupakan para pemenang sayembara esai dan video Zulhas Award 2022.

Panitia menyiapkan hadiah total Rp300 juta untuk para pemenang. Acara ini akan disiarkan secara daring melalui streaming di Youtube Zulkifli Hasan Official.
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2245 seconds (10.177#12.26)