Anak Muda Diminta Berkontribusi Tentukan Kemajuan Bangsa

Minggu, 23 Januari 2022 - 03:45 WIB
loading...
Anak Muda Diminta Berkontribusi Tentukan Kemajuan Bangsa
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kaum pemuda diminta untuk ikut berkontribusi dalam menentukan kemajuan bangsa. Peran generasi muda di Pemilu 2024 sangat menentukan.

"Pada setiap zaman ada peranan anak muda di setiap masanya. Pasti hadir tokoh muda yang muncul kemudian menjadi pemimpin," ujar Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa saat menghadiri seminar bertajuk "Yang Muda Yang Menentukan" di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Menteri Bappenas/Kepala PPN ini memberikan contoh bahwa pada momen kemerdekaan RI pun ada peranan pemuda. Kata Suharso, Bung Karno memerdekakan Indonesia pada usia 44 tahun.





“Demikian pula Bung Hatta saat itu mereka adalah pemuda-pemuda yang muncul menjadi pemimpin-pemimpin. Pemuda senantiasa di zamannya, dengan peluang dan tantangan yang dihadapi dan situasi sejarah pada saat itu pasti hadir pemuda dan menentukan," katanya.

Menurut dia, kehadiran pemuda di setiap masa menjadi 2 golongan. Pertama, pemuda yang ikut menentukan. Sedangkan golongan kedua adalah menjadi followers atau hanya sebagai pengikut.

"Para pemuda yang akan menentukan bangsa adalah mereka yang memosisikan diri sebagai pemuda yang ikut berperan aktif, menjadi creator, dan tidak hanya sebatas followers," katanya.

Dia mengatakan, jika mau ikut menjadi orang yang menentukan di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini harus mencukupi segala persyaratan-persyaratannya. "Pertama harus memahami medan juang, mengenal costumer, dan tahu persis apa yang harus dilakukan. Sementara knowledge ini tidak bisa dipetik begitu saja, namun harus dibarengi dengan belajar dan dipenuhi," ujarnya.

Selain itu, kata dia, harus bersedia menjadi orang yang dipilih dan siap dijadikan trendsetter atau selalu terdepan dan berpengaruh. "Dan yang paling sering diabaikan oleh para kaum muda adalah, harus dilengkapi dengan metodologi,” imbuhnya.

Dia menilai tidak mungkin bekerja tanpa menguasai metodologi. “Dan harus kita sadari begitu cepat perubahan zaman, sehingga kita harus siap mengikuti perkembangannya dan harus menjadi yang menentukan bangsa dan negara kita," pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menuturkan bahwa generasi muda sangat menentukan di Pemilu 2024. Pemilu 2019 diisi oleh 50 persen pemilih pemula. "Itu akan berkembang pada Pemilu 2024 yang jumlahnya akan lebih besar lagi," kata Titi.

Kendati demikian, Titi mengatakan bahwa saat ini berbicara anak muda masih hanya sebatas simbolik, belum ada relasi yang jujur dan membangun klik politik yang militan dan jujur terhadap para pemuda. "Oleh karena itu sangat betul sekali jika pemuda ini menentukan. Jika mereka dikelola dengan baik maka partai manapun akan aman untuk memiliki wakil di DPR RI," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)