PAN Buka Peluang Calonkan Ridwan Kamil di Pilpres 2024

Sabtu, 22 Januari 2022 - 15:20 WIB
loading...
PAN Buka Peluang Calonkan Ridwan Kamil di Pilpres 2024
PAN membuka peluang untuk menawarkan Ridwan Kamil pada Pilpres 2024. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara terbuka mendeklarasikan kesiapannya untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional ( PAN ) Viva Yoga Mauladi mengakui Ridwan Kamil menjadi salah satu tokoh nasional yang masuk radar untuk ditawarkan dalam kontestasi politik tersebut.

"Saya menilai Kang Emil sebagai figur yang memiliki elektabilitas cukup baik berpotensi masuk radar utama untuk dimasukkan sebagai salah satu figur di pilpres," kata Viva kepada wartawan yang dikutip Sabtu (22/1/2022).

Baca juga: Kunjungi Ponpes Lirboyo, Ridwan Kamil Dinilai Layak Jadi Capres 2024

Kendati telah masuk radar partainya, Viva menjelaskan bahwa secara resmi terkait sosok yang ditawarkan dalam Pilpres 2024 ini akan disampaikan langsung oleh Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan dalam rapat kerja nasional (Rakernas) yang akan datang.

Sebab, kata dia, hasil Rakernas ke-I PAN, pada bulan Agustus 2021 lalu, memutuskan bahwa ketua umum PAN diberi kewenangan untuk menentukan langkah-langkah strategis di pilpres.

Jubir DPP PAN ini mengakui bahwa selama ini pihaknya masih terus menjalin komunikasi persaudaraan dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar) tersebut. "Visi dan pemikiran Kang Emil cocok dan selaras dengan platform PAN. Maknya menurut saya, Kang Emil merasa at home bersama Bang Zul dan PAN," ujarnya.





Komunikasi politik PAN dengan Ridwan Kamil terbilang lancar. Zulhas bahkan sempat menemui langsung Ridwan Kamil pada akhir Agustus 2021 lalu. Pertemuan di Gedung Pakuan, Bandung itu berlangsung secara tertutup empat mata. Mengenakan jaket biru dan kaus putih, Zulhas diterima RK di area gazebo. Keduanya berbicara akrab selama sekitar dua jam.

Setelah selesai melakukan pertemuan dan dialog tertutup Zulhas dan RK menemui awak media, kepada wartawan keduanya menjelaskan bahwa pertemuan itu hanya sekadar mengobrol. “Sudah lama tidak bertemu. Jadi kita ngobrol. Bicara soal Indonesia. Kita butuh jalan tengah untuk sama-sama membesarkan bangsa ini,” ujar Zulhas kala itu.

Ridwan Kamil pun merespons hangat kedatangan Zulhas. “Bahagia dikunjungi Pak Zul. Beliau sekalian mengundang acara peresmian Rumah PAN Jabar yang akan diselenggarakan nanti malam,” ujar Ridwan Kamil.
(muh)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2851 seconds (11.97#12.26)