Kembangkan Kekuatan Laut dan Udara, Panglima TNI Bentuk Koarmada RI serta Koopsau Nasional

Sabtu, 15 Januari 2022 - 09:26 WIB
loading...
Kembangkan Kekuatan Laut dan Udara, Panglima TNI Bentuk Koarmada RI serta Koopsau Nasional
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa berencana membentuk dua satuan baru di TNI AL dan TNI. Kedua satuan tersebut yakni Koarmada RI dan Koopsau Nasional. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa berencana membentuk dua satuan baru untuk TNI AL dan TNI. Kedua satuan tersebut yakni Komando Armada (Koarmada) Republik Indonesia dan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) Nasional.

Baca Juga: Panglima TNI
Baca juga: Panglima TNI Ungkap Indikasi Keterlibatan Prajurit TNI dalam Kasus Kontrak Satelit Kemhan

"Ini semua, Perpresnya sudah ada tetapi peraturan di bawahnya belum ada. Nah itu yang kemudian kami kebut supaya bisa kita keluarkan sekalian dalam Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) minggu depan ini," ujar Jenderal Andika di Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022).



Lebih jauh dijelaskan Andika, nantinya Koarmada RI akan dikomandoi oleh Perwira Tinggi (Pati) bintang 3 atau Laksamana Madya. Di satuan itu, juga akan tersedia jabatan bagi Pati bintang 3 (Laksda) dan bintang 1 (Laksma). Secara keseluruhan, jumlah slot jabatan Pati berjumlah 14.

Koopsau Nasional juga nantinya akan diisi oleh jenderal bintang 3 dengan pangkat Marsekal Madya. Total, ada 12 slot Pati yang akan diisi di Koopsau Nasional.

Tak hanya itu, kata Andika, pihaknya juga akan membentuk tiga Badan Pelaksana Tugas (Balakpus) baru. Antara lain, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

"Belum lagi ada tiga Badan Pelaksana Pusat TNI baru yang dikepalai oleh bintang 2 untuk Pusat Psikologi TNI. Kemudian pusat pengadaan TNI bintang satu dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," bebernya.

Dia memastikan, dari Perpres tersebut sedikitnya ada 28 total jabatan baru di tubuh TNI. Jabatan baru itu meliputi, bintang 3 dari TNI AU 1 Pati, bintang 3 dari TNI AL 1 Pati, Bintang 2 sebanyak 2 Pati, dan sisanya adalah Pati bintang 1.

"Itulah yang kemudian nanti akan kita keluarkan bersama-sama dengan beberapa jabatan yang memang sudah kosong termasuk di antaranya Pangkostrad ya," pungkas Andika.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)