Jaga Kerukunan Umat Beragama, Menag Usulkan Bentuk Forum

Sabtu, 15 Januari 2022 - 08:53 WIB
loading...
Jaga Kerukunan Umat Beragama, Menag Usulkan Bentuk Forum
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan, Perpres tentang pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pusat kepada Presiden Jokowi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peraturan Presiden (Perpres) tentang pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pusat dinilai perlu diusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dikatakan Menteri Agama ( Menag ) Yaqut Cholil Qoumas.

Baca juga: Wamenag Ungkap Ada PPIU Berangkatkan Jamaah Umrah Tidak Melalui Sistem Satu Pintu

"Kemenag sedang mengajukan usulan Perpres FKUB di tingkat pusat karena selama ini FKUB hanya di tingkat provinsi," kata Menag saat membuka Dialog Penguatan Moderasi Beragama Menyambut Tahun Toleransi 2022 yang digelar di Kanwil Kemenag Bali, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Ini Alasan Wamenag Belum Jalankan Sistem Satu Pintu Penyelenggaraan Umrah di Daerah

"Jadi banyak sekali persoalan keagaman yang kemudian tidak diselesaikan dengan baik dan membutuhkan intervensi di tingkat pusat dalam menyelesaikan masalah keagamaan," tambahnya.



Menag berharap, pembentukan Perpres tersebut segera disahkan Presiden Jokowi. "Semoga dalam waktu dekat Perpres ini disetujui oleh Presiden Joko Widodo sehingga bisa diresmikan FKUB di tingkat pusat," ucap Menag.

Pada kesempatan itu, Menag turut meresmikan Rumah Pelayanan Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag Bali yang ditandai dengan penandatangan prasasti.

Selain itu, Menag juga berkesempatan mengisi episode Sukma Podcast bertajuk Penguatan Moderasi Beragama menyambut Tahun Toleransi 2022 di studio Kanwil Kemenag Bali.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1004 seconds (10.177#12.26)