Airlangga Hartarto Kemungkinan Jajaki Peluang Pilpres 2024 dengan Khofifah

Jum'at, 14 Januari 2022 - 12:13 WIB
loading...
Airlangga Hartarto Kemungkinan Jajaki Peluang Pilpres 2024 dengan Khofifah
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika menghadiri konsolidasi DPD Golkar Jatim, di Kantor Graha Beringin Golkar Provinsi Jawa Timur, Kamis 13 Januari 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pertemuan tertutup Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (12/1) kemarin menimbulkan berbagai spekulasi. Termasuk kemungkinan penjajakan Pilpres 2024 mendatang.

"Airlangga kemungkinan menjajaki peluang berpasangan dengan Khofifah dalam Pilpres 2024. Hal itu logis mengingat Khofifah salah satu cawapres (calon wakil presiden) perempuan yang potensial," ujar Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).



Jamil menilai Khofifah sudah layak menjadi cawapres karena pernah dua kali menjabat menteri. Di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Khofifah dipercaya menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan.

Sementara di era Presiden Joko Widodo (Jokowi), Khofifah dipercaya menjadi Menteri Sosial. Selain itu, Khofifah juga pernah menjadi anggota DPR RI dan sekarang menjabat Gubernur Jawa Timur.

"Karier Khofifah itu tentu sudah lebih dari cukup untuk menjadi cawapres. Kapasitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi," jelasnya.

Kemudian, lanjut Jamil, Khofifah juga punya basis massa pendukung sangat besar. Sebab, Khofifah sangat berpengaruh di ormas Muslimat NU yang anggotanya sangat besar dan tersebar di pelosok Tanah Air.

"Dukungan dari NU juga diperkirakan menguat bila Khofifah berpasangan dengan Airlangga. Dukungan tersebut sangat dibutuhkan mengingat NU memiliki anggota terbesar di Indonesia," imbuhnya.

Karena itu, mantan Dekan Fikom IISIP ini menilai, sangat logis bila Airlangga menjajaki Khofifah menjadi cawapresnya. Sebab, berpasangan dengan Khofifah juga bisa meningkatkan popularitas dan elektabilitas Airlangga. Baca juga: Konsolidasi di Jatim, Airlangga Hartarto Puji Kerja Sama Golkar dengan Gubernur Khofifah

"Jadi, upaya Golkar mengusung Airlangga pada Pilpres 2024 akan terwujud bila dipasangkan dengan sosok yang punya kapasitas dan pendukung massa yang besar. Salah satu sosok itu tentunya Khofifah," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)