Mirip Polisi, Warna Seragam Satpam Bakal Diubah Lagi Menjadi Krem

Rabu, 12 Januari 2022 - 20:03 WIB
loading...
Mirip Polisi, Warna...
Baru setahun berlaku, seragam Satpam cokelat muda akan diubah warnanya menjadi krem. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polri menyatakan sedang melakukan kajian untuk mengubah warna seragam dari petugas satpam yang saat ini berwarna cokelat muda menjadi krem.

"Bahwa masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada awak media, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Ramadhan menjelaskan, pengkajian warna seragam satpam tersebut lahir dari adanya fenomena masyarakat yang sulit membedakan antara satpam dan personel kepolisian.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ujar Ramadhan.



Dalam hal ini, Ramadhan menuturkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Terkait seragam itu, kata Ramadhan, nantinya akan dipastikan pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam. "Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tutup Ramadhan.



Seperti diketahui, seragam satpam diubah menjadi cokelat muda mirip seragam polisi pada awal 2021 lalu. Ketika itu sudah muncul kritik bahwa kemiripan seragam tersebut akan berpotensi menimbulkan masalah di lapangan. Sebelumnya, seragam satpam berwarna biru tua.
(muh)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)