DPR Targetkan Jadwal Pemilu 2024 Ditetapkan Sebelum Fit and Proper Test Calon KPU-Bawaslu

Rabu, 12 Januari 2022 - 13:17 WIB
loading...
DPR Targetkan Jadwal Pemilu 2024 Ditetapkan Sebelum Fit and Proper Test Calon KPU-Bawaslu
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim mengatakan jadwal Pemilu 2024 ditargetkan sudah ditetapkan sebelum fit and proper test Calon Anggota KPU-Bawaslu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi II DPR telah menggelar rapat internal dalam rangka menyusun agenda rapat pada masa sidang III tahun 2022 ini. Salah satu yang menjadi perhatian dalam rapat internal ini yakni terkait penetapan jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 202 4 mendatang.

"Kami harap sudah menyelesaikan hal penting yaitu tanggal Pemilu. Jadi sebelum fit and proper test (Calon Anggota KPU-Bawaslu) kita targetkan jadwal Pemilu sudah selesaikan dulu," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Saat disinggung soal kapan agenda rapat penetapan jadwal Pemilu 2024 ini, Luqman memastikan bahwa akan digelar di masa sidang ini. Hanya saja, dia belum bisa mematok kapan pelaksanaannya akan digelar.

"Kalau waktunya kan fleksibel, menyesuaikan. Kami, Kemendagri akan cari jadwal yang paling memungkinkan untuk ketemu," katanya.

Di samping itu, Luqman memastikan agenda uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 juga akan dilaksanakan pada masa sidang ini. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyatakan pihaknya hanya menunggu surat presiden (Surpres) untuk bisa menindaklanjutinya. Baca juga: Bahlil Ingin Pemilu 2024 Diundur, Istana Tegaskan Bukan Sikap Presiden Jokowi

"Harapannya sebelum masa sidang ini selesai sudah kami selesaikan pemilihan anggota KPU-Bawaslu yang baru," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)