Profil Airin Rachmi Diany yang Disebut Berpeluang Gantikan Anies di 2024

Selasa, 04 Januari 2022 - 09:41 WIB
loading...
Profil Airin Rachmi Diany yang Disebut Berpeluang Gantikan Anies di 2024
Mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode Airin Rachmi Diany berpeluang menjadi cagub DKI Jakarta jika Anies Baswedan mendapatkan tiket capres 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Airin Rachmi Diany tiba-tiba disebut sebagai salah satu orang yang berpeluang diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang. Mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode itu menjadi tokoh alternatif utama jika Anies Baswedan mendapatkan tiket maju ke Pilpres 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta M Taufik saat diminta tanggapan mengenai sosok yang pantas menggantikan Anies Baswedan di Pilkada 2024 mendatang. Selain Airin, Taufik juga menyebut nama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

"Itu usulan saya (Ahmad Riza Patria, Airin, dan Bahlil)," kata Taufik ketika dikonfirmasi MNC Portal Indonesia pada Minggu (2/1/2022).



Menurut Taufik, bursa calon gubernur DKI Jakarta sangat mungkin bergantung pada bursa calon presiden (capres) 2024. Apalagi jika Anies Baswedan mendapatkan tiket untuk bersaing di Pemilihan Presiden 2024.

Lalu seperti apa sosok Airin Rachmi Diany? Ini profil singkatnya:

Airin lahir di Banjar, Ciamis, Jawa Barat (saat ini Kota Banjar) pada 28 Agustus 1976. Dia merupakan putri kedua dari 3 bersaudara dari pasangan Anwar Martadihardja dan Ass Asye Asiyah.

Airin mengawali pendidikan dasar di SDN Cibodas, Banjar lalu melanjutkan sekolah menengah di SMPN 5 Bandung dan SMAN 20 Bandung. Untuk pendidikan tinggi, Airin memilih kuliah di Fakultas Ilmu Hukum Universitas Parahyangan Bandung. Selanjutnya dia mengambil Spesialis Satu (SP-1) Program Studi Notariat di Universitas Padjajaran pada 2002 dan Magister Hukum (MH) Program Studi Ilmu Hukum Bisnis pada 2005.

Baca juga: Setelah Tak Lagi Jadi Wali Kota, Ini yang Akan Dilakukan Airin Rachmi Diany

Semasa kuliah, Airin aktif mengikuti kontes kecantikan. Usahanya tak sia-sia, dia meraih Juara 1 Mojang dan Jajang Parahyangan Kota Madya Bandung (1995) serta Juara 1 Mojang Provinsi Jawa Barat (1995). Airin juga terpilih menjadi Putri Pariwisata & Putri Favorit Pada Pemilihan Puteri Indonesia (1996).

Dari kegiatan yang diikuti, Airin lalu bertemu dengan Tubagus Chaeri Wardana, yang dikenal sebagai tokoh Banten. Keduanya lalu menikah pada 1997. Pasangan ini dikarunia dua buah hati, Tubagus Ghifari Al Chusaeri Wardana dan Ratu Ghefira Marhamah Wardana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)