Jaksa Agung: 68 Jaksa Dikenakan Sanksi Berat Sepanjang 2021

Sabtu, 01 Januari 2022 - 23:40 WIB
loading...
Jaksa Agung: 68 Jaksa Dikenakan Sanksi Berat Sepanjang 2021
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyebut 68 jaksa dikenakan sanksi berat sepanjang 2021. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Selama 2021 sebanyak 68 insan Kejaksaan diberikan sanksi disiplin hukuman berat. Dari angka tersebut, sebanyak 24 diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal itu disampaikan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dalam laporan akhir tahun yang disampaikan secara tertulis, Sabtu (1/1/2022). Burhanuddin juga menguraikan jenis hukuman berat lain yang diberikan kepada anggotanya.

Sejumlah hukuman berat tersebut di antaranya penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun kepada 11 orang dan pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah kepada 4 orang.

Hukuman berat lainnya yakni pembebasan dari jabatan struktural maupun fungsional jaksa masing-masing dilakukan terhadap 10 orang. Adapun pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebanyak 9 orang.



Di samping hukuman berat, sanksi disiplin juga terdiri dari hukuman ringan yang dijatuhkan kepada 44 pegawai dan hukuman sedang terhadap 97 pegawai. Total, ada 209 pegawai yang dikenakan penjatuhan hukuman disiplin pada 2021.



"Untuk meningkatkan pengawasan internal secara akuntabel dan transparan, Kejaksaan telah melakukan berbagai langkah pencegahan dan penindakan terhadap personel yang terbukti telah melakukan pelanggaran disiplin, bahkan mempidanakan personel yang terbukti melakukan kejahatan," kata Burhanuddin.

Burhanuddin juga menyebut pihaknya telah membentuk Satgas 53 sebagai upaya merealisasi Tujuh Program Kerja Prioritas Kejaksaan 2021. Satgas tersebut ditujukan untuk penegakan integritas pegawai. Menurutnya, Satas 53 telah mendapat pengaduan sebanyak 24 laporan. "Dengan hasil pemeriksaan tujuh laporan terbukti, tujuh laporan tidak terbukti, dan delapan laporan masih dalam proses pemeriksaan," kata Jaksa Agung.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)