5 Pernyataan Kontroversial Menteri Kabinet Jokowi Sepanjang 2021

Jum'at, 31 Desember 2021 - 18:06 WIB
loading...
5 Pernyataan Kontroversial Menteri Kabinet Jokowi Sepanjang 2021
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin berfoto bersama Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah menteri mengeluarkan pernyataan kontroversial sepanjang 2021. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pernyataan kontroversial dari sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin turut mewarnai tahun 2021. Statement para pejabat tinggi negara tersebut mengundang perhatian sekaligus kegeraman publik.

Tahun 2021 merupakan tahun yang berat bagi dunia, termasuk Indonesia. Serangan virus corona yang bermutasi menjadi delta membuat kelimpungan. Kasus Covid-19 yang meningkat secara eksponensial menyebabkan fasilitas kesehatan hampir kolaps. Pasien Covid-19 terpaksa dirawat di tenda darurat dan lorong-lorong. Tak sedikit di antaranya mereka akhirnya meninggal dunia.

Di tengah situasi mencekam itu, sejumlah menteri membuat pernyataan-pernyataan heboh, yang mengundang kontroversi. Masyarakat, utamanya netizen pun ramai-ramai mengomentari, bahkan menyerang para menteri.

Baca juga: Ancam Pindahkan ASN ke Papua, Mensos Risma Jadi Trending Topik di Twitter

Berikut ini 5 menteri yang membuat pernyataan kontroversial pada 2021:

1. Menteri Sosial Tri Rismaharini ancam pindahkan pegawai ke Papua
5 Pernyataan Kontroversial Menteri Kabinet Jokowi Sepanjang 2021

Ucapan ini disampaikan Risma, sapaan akrab Mensos, saat mengecek dapur umum di Kawasan Wyata Guna, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jawa Barat, 13 Juli 2021. Kemensos mulai membangun dapur umum di tujuh kota di Pulau Jawa untuk membantu menyuplai makanan kepada petugas medis dan personel yang mengatur PPKM Darurat.

Risma marah lantaran dapur umum belum siap. Kompor dinilai terlalu sedikit, sehingga tidak akan bisa memasak secara cepat dan banyak. Sementara kondisi dapur umum juga dinilai tak memadai layaknya dapur.

"Teman-teman itu kerja di Kementerian Sosial, bukan di rehabilitasi sosial. Mulai sekarang, saya tidak mau lagi lihat seperti ini, kalau ada seperti ini lagi, saya pindah semua ke Papua," kata Risma dengan suara sangat lantang.

Ancaman Risma ini langsung direspons masyarakat dengan kritikan. Salah satunya disampaikan seniman Sudjiwo Tedjo. Dalam cuitannya di Twitter pada Selasa (13/7/2021), Sudjiwo Tedjo mengunggah atau memposting berita media online tentang ancaman Risma ke ASN tersebut.

"Maaf, Bu Risma, bila berita ini benar, apakah Bu Risma tidak sedang merendahkan Papua?" cuit Sudjiwo Tedjo dikutip dari lini masa Twitter @sudjiwotedjo.

2. Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebut penambahan kasus Covid-19 melandai setelah 12 Juli 2021
5 Pernyataan Kontroversial Menteri Kabinet Jokowi Sepanjang 2021

Pernyataan Luhut ini menjadi kontroversi karena saat itu kasus Covid-19 mulai naik tajam. Pemerintah sejak 3 JUli 2021 mulai menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan penyebaran virus corona.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)