Jokowi: Sudah Saatnya Kita Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia Secara Merata di Indonesia

Rabu, 29 Desember 2021 - 12:51 WIB
loading...
Jokowi: Sudah Saatnya Kita Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia Secara Merata di Indonesia
Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada Ombudsman RI yang melakukan penilaian kepatuhan dalam meningkatkan pemenuhan hak masyarakat di dalam memperoleh pelayanan publik yang berkualitas. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Ombudsman RI yang melakukan penilaian kepatuhan dalam meningkatkan pemenuhan hak masyarakat di dalam memperoleh pelayanan publik yang berkualitas. Dia mengatakan bahwa hal ini harus dimanfaatkan oleh instansi untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

“Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah harus memanfaatkan kegiatan ini untuk mengimplementasikan standar pelayanan publik yang lebih baik. Menciptakan sistem pengawasan dan evaluasi yang berintegritas agar dampak penerapannya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya dalam acara Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021, Rabu (29/12/2021).

Jokowi mengatakan bahwa penilaian kepatuhan perlu dilakukan untuk melihat kemampuan keberhasilan dan melihat kekurangan dalam proses pengembangan lembaga pelayanan publik. Sehingga pelayanan publik semakin efektif, akuntabel, dan transparan.

Pasalnya, Jokowi menilai sudah saatnya Indonesia memiliki birokrasi kelas dunia yang merata. Salah satunya dengan mengembangkan inovasi digital

“Sudah saatnya kita wujudkan birokrasi berkelas dunia secara merata di semua tingkatan di seluruh Indonesia. Kita kembangkan inovasi digital yang inklusif. Kita terapkan digitalisasi untuk tingkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan akuntabilitas. Kita tekan, kita meminimalkan penyimpangan dan perilaku koruptif di semua lini di semua lembaga,” tegasnya.

Dia pun menyampaikan selamat kepada para peraih predikat kepatuhan standar pelayanan publik. “Jadikan penghargaan ini sebagai inspirasi untuk melahirkan inovasi pelayanan publik untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadi lebih profesional,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)