Satgas Tegaskan Micro Lockdown Bagian dari PPKM

Selasa, 28 Desember 2021 - 20:31 WIB
loading...
Satgas Tegaskan Micro Lockdown Bagian dari PPKM
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa konsep micro lockdown merupakan bagian dari pelaksanaan PPKM Mikro. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, konsep micro lockdown merupakan bagian dari pelaksanaan PPKM Mikro. Di mana PPKM Mikro sempat diterapkan sebelum adanya PPKM leveling.



"Dan tetap diatur dalam instruksi menteri dalam negeri untuk membatasi kegiatan masyarkaat secara ketat," kata Wiku dalam konferensi persnya, Selasa (28/12/2021).

Dia mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan PPKM Mikro pemda perlu mengevaluasi posko di tingkat desa dan kelurahan. "Untuk itu dalam implementasinya perlu kembali mengevaluasi kinerja posko," ucapnya.

"Termasuk pencatatan dan pelaporan kasus. Untuk itu mohon kembali setiap kepala daerah mengevaluasi kinerja posko di masing-masing desa/kelurahan. Dan masyarakat pun perlu ikut berpartispasi agar implementasi kebijakan dapat berjalan baik di lapangan," tambahnya.

Lebih lanjut Wiku menjelaskan, pada prinsipnya penanganan Covid-19 yang baik ialah yang menjangkau dari hulu sampai hilir sumber penularan Covid-19.

"Saat ini kebijakan pengendalian Covid-19 yang masih terus diterapkan ialah PPKM leveling per kabupaten/kota. Di mana di dalamnya pun telah mengimbau pemerintah kabupaten/kota menindaklanjuti penerapan PPKM Mikro dan operasionalisasi posko pada desa atau kelurahan di bawahnya," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)