Puan Maharani Apresiasi Modernisasi Pesawat Tempur TNI AU

Rabu, 22 Desember 2021 - 15:11 WIB
loading...
Puan Maharani Apresiasi Modernisasi Pesawat Tempur TNI AU
Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau ke Lanud Iswahyudi, Maospati, Jawa Timur, Selasa (21/12/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai program EMLU (Enhanced Mid Life Update) pesawat tempur F-16 milik TNI AU penting untuk menyiasati kendala penyediaan alat utama sistem persenjataan (alutisista). Puan pun mengapresiasi terobosan tersebut.

Hal itu diungkapkan Puan saat meninjau ke Lanud Iswahyudi, Maospati, Jawa Timur, Selasa (21/12/2021). Puan disambut langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bersama perwira tinggi TNI AU.

Puan melihat langsung pesawat F-16 yang sudah di-upgrade kemampuan tempurnya. Dia juga berkesempatan melihat kokpit pesawat dan berdialog dengan berdialog dengan para penerbang Lanud Iswahjudi.



"Tidak sekadar memenuhi target MEF (Minimum Essential Force) tapi harus menghasilkan lompatan teknologi dan terobosan, sehingga Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dalam teknologi alutsista di kawasan," ujar Puan.

Sementara itu, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menjelaskan bahwa program Falcon Star eMLU merupakan salah satu terobosan TNI AU dalam memodernisasi pesawat tempur F-16. Dia menambahkan, setelah menjalani program tersebut, F-16 TNI AU berkemampuan melaksanakan pertempuran modern secara Beyond Visual Range (BVR).

Melalui program Falcon Star eMLU, F-16 kini juga dilengkapi radar dengan jangkauan yang jauh dan BVR missile AIM-120 AMRAAM. “Saat ini program Falconstar eMLU sudah menghasilkan 5 pesawat dari rencana 10 pesawat," kata Marsekal TNI Fadjar.

Lebih jauh, Fadjar menjelaskan bahwa program eMLU dilaksanakan sepenuhnya oleh personel TNI AU dengan pelatihan dari teknisi ahli dari Lockheed Martin, yang sekaligus bagian dari alih teknologi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)