Meriahkan HUT ke 76 RI, 14 Pesawat TNI AU Persembahkan Aksi Bersejarah Nusantara Flight

Selasa, 17 Agustus 2021 - 17:52 WIB
loading...
Meriahkan HUT ke 76 RI, 14 Pesawat TNI AU Persembahkan Aksi Bersejarah Nusantara Flight
Peringatan HUT ke 76 Republik Indonesia tahun ini, TNI AU kerahkan 14 alutsistanya untuk meriahkan langit Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (17/8/2021). Foto/Dispenau
A A A
JAKARTA - Peringatan HUT ke 76 Republik Indonesia tahun ini, TNI AU kerahkan 14 alutsistanya untuk meriahkan langit Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (17/8/2021). Ke-14 alutsista tersebut terdiri dari delapan Pesawat Tempur F-16 dengan call sign "Garuda Flight" dan enam pesawat helikopter TNI AU dengan call sign "Nusantara Flight".

Garuda Flight di bawah pimpinan flight leader Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto take off dari Lanud Iswahjudi Magetan untuk melaksanakan misi flypast dari arah Utara Istana Merdeka menuju Selatan dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki dan melaksanakan maneuver bomb burst tepat di atas Istana Merdeka.

Pada kesempatan ini, Flight Leader Garuda Flight mengucapkan selamat HUT RI dari cockpit sebagai persembahan dari para elang-elang muda untuk Indonesia. "Kami elang-elang Angkatan Udara penjaga Tanah Air dari ketinggian 1.000 kaki, mengucapkan selamat ulang tahun ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Salam Swa Bhuwana Paksa. Merdeka," ujar Flight Leader Garuda Flight.

Setelah Flypast, TNI AU juga mempersembahkan "Nusantara Flight" yang dipimpin Flight Leader Letkol Pnb Akhmad M. Mulyono dengan melibatkan enam pesawat helikopter yang terdiri dari satu helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma.
Nusantara Flight ini menampilkan suatu persembahan yang sangat bersejarah karena belum pernah dilakukan pada peringatan HUT Republik Indonesia sebelumnya. Misi penerbangan ini menampilkan penerbangan bendera raksasa berwana Merah Putih dengan ukuran 30x20 Meter yang terbang dari arah Timur ke Barat untuk melintas di depan Istana Merdeka.

Sebelumnya Garuda Flight dan Nusantara Flight telah melaksanakan geladi dari tanggal 13 sampai 15 Agustus 2021 demi terlaksananya misi penerbangan ini dengan aman dan memberikan persembahan terbaik dari TNI AU untuk Republik Indonesia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)