Banyak Pemilih Berbagai Parpol Inginkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

Selasa, 21 Desember 2021 - 18:33 WIB
loading...
Banyak Pemilih Berbagai Parpol Inginkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencuat di posisi teratas sebagai calon presiden (capres) di 2024 yang diinginkan pemilih sejumlah partai besar di survei Charta Politika. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei soal popularitas dan elektabilitas tokoh nasional. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencuat di posisi teratas sebagai calon presiden (capres) di 2024 yang diinginkan pemilih sejumlah partai besar.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan mayoritas pemilih PDIP menginginkan Ganjar Pranowo sebagai capres. Yunarto mengatakan jumlahnya mencapai 60%.

"PDI Perjuangan bisa dikatakan mayoritas 60% dari pememilih PDI Perjuangan itu menyatakan memilih Pak Ganjar Pranowo," ujar Yunarto saat merilis hasil survei secara daring, Senin (20/12/2021).

Sementara, di Partai Golkar Ganjar meraih angka 26,5%. Meskipun partai berlambang pohon beringin itu sudah mempunyai kandidat capres sendiri yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto yang hanya memperoleh 4,4%.

"Beberapa temuan menarik yaitu Pak Ganjar Pranowo bersaing dengan pemilih PKB yang menyatakan memilih Anies Baswedan," ucap Yunarto.

Yunarto melanjutkan di PKB Ganjar memimpin perolehan persentase 31%. Disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan angka 26% dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa sebanyak 13%.

"Partai Nasdem terbelah masih karena memang masih dua tahun dan belum dipanaskan," kata Yunarto.

Dia menyebut Ganjar meraih angka 32,7% di pemilih Nasdem. Jumlah tersebut unggul dari Anies Baswedan yang meraup angka 13,5%.

Survei ini dilakukan pada 29 November-6 Desember 2021. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun survei tersebut menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei tersebut memiliki margin of error sekitar 28,3%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)