Ketimbang Panja, Pembentukan Pansus Garuda Indonesia Dinilai Lebih Efektif

Selasa, 21 Desember 2021 - 01:55 WIB
loading...
Ketimbang Panja, Pembentukan Pansus Garuda Indonesia Dinilai Lebih Efektif
Ketua Fraksi Nasdem DPR Ahmad M Ali menilai pembentukan pansus lebih efektif mengurasi masalah Garuda Indonesia dari pada membentuk panja. Foto/antara
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Nasdem DPR mendorong pembentukan panitia khusus (pansus) Garuda Indonesia . Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Ahmad M Ali menilai pansus lebih efektif ketimbang panitia kerja (panja) dalam mengurai polemik yang dihadapi maskapai pelat merah tersebut.

“Panja tidak cukup. Kita butuh Pansus untuk melakukan penyelidikan secara komprehensif,” tegas Ali dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/12/2021).

Pansus Garuda Indonesia, kata dia, bakal melibatkan berbagai komisi mulai dari Komisi III, V, VI, hingga XI DPR. Kolaborasi itu untuk menyelidiki akar permasalahan yang membelit Garuda Indonesia secara transparan.

Tetapi dia menegaskan pansus Garuda Indonesia dibentuk semata untuk menyelesaikan sengkarut yang ada. Niat NasDem semata-mata ingin mengembalikan kejayaan Garuda serta kepercayaan dunia terhadap maskapai itu sendiri. “Ini penting bagi Garuda untuk mengembalikan kepercayaan publik dan dunia,” papar anggota Komisi III DPR itu.



Setidaknya, saat ini sudah ada tiga fraksi di DPR yang setuju membentuk Pansus Garuda Indonesia. “Paling tidak tiga fraksi sudah diajak bicara dan setuju untuk dilaksanakan Pansus,” ungkap Ali.

Namun, Ali belum bisa membeberkan tiga fraksi tersebut. Yang jelas, Fraksi NasDem bakal mengusulkan pembentukan Pansus Garuda Indonesia pada masa sidang mendatang. “Menurut saya fraksi yang tidak terlibat juga akan mendukung,” terang Ali.

Dia pun berharap kedepan semakin banyak fraksi di DPR yang mendukung dibentuknya Pansus Garuda Indonesia. “Kami melihat permasalahan di Garuda bukan hanya manajemen tapi konspirasi jahat yang dijadikan bancakan kelompok-kelompok tertentu,” kata Ali.

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem ini juga membeberkan polemik atau permasalahan yang ada di Garuda Indonesia tidak berdiri sendiri dan telah muncul sejak lama. Ali mencontohkan kasus korupsi yang menjerat mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar. Kemudian pernyataan Rolls Royce yang menyebutkan adanya upaya penyogokan, penyuapan, dan lain-lain.

Masalah lain, lanjut Ali, Garuda Indonesia memutus kontrak sewa 12 pesawat Bombardier CRJ 1000. Pemutusan kontrak lantaran biaya sewa dan perawatan yang terlalu mahal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2465 seconds (0.1#10.140)