Gawat, Positivity Rate Pelaku Pejalan Laut dan Darat Lebih Tinggi Dibandingkan Udara

Senin, 20 Desember 2021 - 18:29 WIB
loading...
Gawat, Positivity Rate Pelaku Pejalan Laut dan Darat Lebih Tinggi Dibandingkan Udara
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan dalam seminggu terakhir terjadi kenaikan pelaku perjalanan luar negeri di seluruh pintu masuk-pintu masuk perbatasan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan dalam seminggu terakhir terjadi kenaikan pelaku perjalanan luar negeri di seluruh pintu masuk-pintu masuk perbatasan .

“Dalam seminggu terakhir terjadi peningkatan pelaku perjalanan luar negeri yang cukup tinggi di seluruh pintu masuk,” ungkap Budi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (20/12/2021).

Sementara itu, Budi mengatakan positivity rate Covid-19 di pintu masuk laut dan darat jauh lebih tinggi dibandingkan pintu masuk udara.

“Dan kita sudah amati semua kita tes PCR dan genome sequencing, ternyata pintu masuk laut dan pintu masuk darat jauh lebih tinggi positivity ratenya dibandingkan pintu masuk udara,” kata Budi.

Oleh karena itu, Budi mengatakan Kemenkes dibantu TNI dan Polri juga Kemendagri akan memperkuat surveilans dan karantina. “Oleh karena itu kami dengan bantuan TNI, Polri dan Kemendagri akan memperkuat proses surveilans dan juga karantina di pintu masuk-pintu masuk laut dan darat.”

“Apa yang kita lakukan? Selain dengan tes WGS, kita juga sudah menggunakan tes PCR dengan SGTF (S gene target failure) yang bisa lebih cepat mendeteksi,” kata Budi.

“Karena tes PCR dengan SGTF berfungsi sebagai titer maka terjadi tidak 100% seperti WGS tapi kemungkinan besar bisa mendeteksi Omicron dalam waktu 4 sampai 6 jam saja. Sedangkan WGS membutuhkan hanya sampai 5 hari,” tambahnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)