Mahasiswa Harus Bangun Kesadaran dan Optimisme Politik Masyarakat

Senin, 20 Desember 2021 - 12:13 WIB
loading...
Mahasiswa Harus Bangun Kesadaran dan Optimisme Politik Masyarakat
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro mengatakan mahasiswa harus memperbaiki sistem politik agar menumbuhkan kembali kesadaran dan optimisme politik masyarakat. Foto/Kantor Staf Presiden
A A A
JAKARTA - Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro mengatakan mahasiswa harus memperbaiki sistem politik agar menumbuhkan kembali kesadaran dan optimisme politik masyarakat.

"Selain harus tetap menjadi agen perubahan dan kelompok kritis, mahasiswa juga harus mulai memikirkan sistem politik Indonesia yang bisa menjadi dasar untuk membangun negara Indonesia demokratis, sejahtera, adil, dan damai," ujar Juri saat menjadi pembicara kunci pada Rapat Kerja Nasional Himpunan Mahasiswa Politik (Rakernas Himapol) 2021, yang digelar secara virtual, Senin (20/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Juri juga menekankan pentingnya mahasiswa ilmu politik bekerja membangun kepercayaan masyarakat terhadap politik. Karena salah satu problem serius dalam bernegara dan berbangsa saat ini adalah soal kepercayaan masyarakat terhadap politik.

"Sebagian masyarakat melihat politik itu minor, bahkan bilang politik itu kotor, karena masyarakat hanya melihat politik dari konflik dan skandal yang dilakukan oleh para pejabat yang diseleksi melalui proses politik, yakni pemilu. Politik dianggap jadi pemecah dan disharmoni bangsa serta menjadi jalan para politisi yang tidak benar," sambung Juri.

Juri menjelaskankan terwujudnya sistem politik yang sehat akan membentuk pemerintahan yang kredibel dan berintegritas. Terlebih lagi, saat ini hampir semua urusan publik dan kemasyarakatan ditentukan oleh orang-orang yang dipilih melalui proses politik, yakni Pemilu dan Pilkada.

"Politik jangan dijauhi, masyarakat harus disadarkan pentingnya ikut politik karena dalam politik itu lah kita bisa punya kesempatan untuk memilih orang yang terbaik untuk memimpin kita," pungkasnya.

Sebagai informasi, Rakernas Himapol 2021 merupakan rangkaian acara Milad ke-6 Himapol yang mengusung tema peran organisasi dalam mereparasikan konstitusi.

Himapol sendiri dibentuk dibentuk pada 2015 di Kabupaten Solok Sumatera Barat dan menjadi organisasi yang menaungi himpunan mahasiswa jurusan dan departemen program studi ilmu politik di seluruh Indonesia.

MNC Media
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)