Pernah Jadi Penjaga Kantin, Siapa Sangka Pria Ini Ternyata Pelatih Legendaris Prajurit Kopassus

Minggu, 19 Desember 2021 - 05:30 WIB
loading...
Pernah Jadi Penjaga Kantin, Siapa Sangka Pria Ini Ternyata Pelatih Legendaris Prajurit Kopassus
Latihan berat di medan ganas menjadi santapan prajurit baret merah saat mengikuti pendidikan komando. Foto: Pen Kopassus
A A A
JAKARTA - Siapa tak mengenal Komando Pasukan Khusus ( Kopassus )? Satuan elite TNI AD ini tak hanya disegani dunia karena kemampuan tempurnya, tetapi juga kecakapan dalam bidang antiteror.

Kehebatan para prajurit Korps Baret Merah tak lepas dari berbagai penugasan operasi dan medan peperangan. Selain itu, spesifikasi mumpuni juga lahir dari pendidikan komando maha berat yang menempa fisik dan psikis.

Tidak dimungkiri generasi awal Kopassus yang dulu dikenal dengan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) itu dilahirkan dari tangan dingin pelatih. Salah satu instruktur generasi pertama tersebut yakni Kapten (Purn) Wardi.

Menariknya, Wardi ternyata pernah menjadi penjaga toko di kantin Pusat Pendidikan Kopassus. Bagaimana ceritanya?

Tolak Melatih

Wardi sesungguhnya prajurit bintara (onder officier) RPKAD. Dia dipanggil Kapten Sandihardjo dan ditunjuk sebagai pelatih komando, tepatnya pada 1951. Total 42 pelatih pada generasi pertama, kala itu.

Wardi menceritakan, pelatihan para prajurit Komando dilakukan saat Indonesia masih mengalami banyak gejolak dan pemberontakan kelompok kanan maupun kiri pada 1950-an. Saat itu, salah satu fokus prajurit komando yakni meredam gerakan radikal dan separatis yang merongrong keselamatan NKRI.

“Awalnya rekrutmen pertama melatih Batalyon 11, lalu gelombang kedua Batalyon 317 dan gelombang ketiga dikenal dengan BSH atau Barisan Sakit Hati dari satuan TNI di Cirebon,” kata Wardi dalam buku ‘Kopassus untuk Indonesia: Profesionalisme Prajurit Kopassus’ karya Iwan Santosa dan EA Natanegara, dikutip Minggu (19/12/2021).

Pernah Jadi Penjaga Kantin, Siapa Sangka Pria Ini Ternyata Pelatih Legendaris Prajurit Kopassus

Kapten (Purn) Wardi.

Pada generasi awal RPKAD tersebut, diktat materi pendidikan berbahasa Inggris dan Belanda. Materi itu diterjemahkan dan disampaikan kepada para siswa Komando. Pada 1952, pendidikan pasukan baret merah ini dipindahkan ke Batujajar, Jawa Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6820 seconds (0.1#10.140)