Cerita Sebuah Gerai Pizza di Pittsburgh

Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:21 WIB
loading...
Cerita Sebuah Gerai Pizza di Pittsburgh
Ichwan Arifin Alumnus Pascasarjana Undip dan Wakil Ketua DPD PA GMNI Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
Ichwan Arifin
Alumnus Pascasarjana Undip dan Wakil Ketua DPD PA GMNI Jawa Timur

JAM menunjukkan 14.30 saat American Airline lepas landas dari Ronald Reagan Airport (DCA), Washington DC menuju Pittsburgh International Airport, Pennsylvania. Pesawat kecil itu dengan lincah terbang menembus hujan yang mengguyur langit ibu kota Amerika Serikat. Sedikit turbulensi di sela-sela penerbangan. Sekitar 1 jam kemudian, pesawat mendarat di Pittsburgh dengan mulus.

Bandara Pittsburg memang tidak terlalu besar, nampak jelas bandara adalah bangunan lama. Tetapi sangat bersih dan rapi, menunjukkan perawatan yang bagus. Petunjuk informasi pun sangat komunikatif. Orang asing dengan mudah memahaminya.

Hujan masih turun deras saat kami keluar bandara. Bahkan mengandung sedikit salju. Istilahnya “flurry” atau salju yang turun di awal. Bentuknya seperti gumpalan kapas kecil-kecil. Cepat mencair begitu menyentuh tanah. Namun lengket di kaca mobil jika dibiarkan lama. Wiper tak cukup kuat membersihkannya.

Beruntung ada sahabat yang menjemput. Harry, nama panggilannya. Jadi tak perlu mencari taksi atau moda transportasi publik lainnya. Berbeda dengan Washington D.C. atau New York City dimana mobilitas menggunakan transportasi publik sangat mudah. Di Pittsburgh sebaliknya, tak banyak pilihan moda transportasi publik. Jadi sangat sulit bepergian kemana-mana jika tidak mengendarai mobil. Kondisi ini mirip dengan kota-kota di negara Bagian California atau Texas, misalnya Los Angeles, Sacramento, Houston, Austin dan sebagainya.

Harry, sudah lebih dari 11 tahun tinggal di Pittsburgh, sehingga sudah paham seluk beluk kota, kehidupan masyarakat, maupun budaya setempat. Saat mengawali hidup di negeri Paman Sam, Harry bekerja serabutan dengan menjadi driver pengantar pizza. Namun justru dari situlah, ia bisa belajarmengenai seluk beluk bisnis di negeri orang, khususnya usaha rumah makan.

Setelah dirasa memiliki modal cukup, ia memutuskan mengawali bisnisnya sendiri. Membuka sebuah kedai pizza yang dinamai “Uptown Kitchen”. Terletak di daerah “uptown”, Forbes Ave, Pittsburgh. Lokasinya sangat strategis. Berdekatan dengan rumah sakit dan hotel. Pangsa pasar yang potensial. Ia menyewa semacam ruko yang terdiri dari dua bangunan bersebelahan sehingga membuat ruangan terasa lapang dan hommy. Sangat berbeda dibandingkan dengan kedai sejenis yang saya jumpai ketika berkunjung di New York yang rata-rata berukuran sempit dan terasa sesak.

“Uptown Kitchen” menyediakan beberapa jenis makanan., tetapi produk andalannya adalah pizza dengan segala jenis variasinya. Meski sudah banyak gerai pizza di Pittsburgh, namun Uptown Kitchen punya pelanggan setia. Pertautan rasa lokal dengan sentuhan bumbu Asia dalam pizza, mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat pizza ini digandrungi orang setempat. Pandemi COVID-19 tak menyurutkan animo pelanggan.

Namun, kesuksesan itu tidak diraih dalam satu malam. Harry sudah merasakan jatuh bangun dalam menjalankan bisnisnya. Di awal 3 tahun berjalan bukannya untung justru merugi bahkan terlilit hutang. Faktornya bukan karena minim pelanggan, namun karena persoalan kemitraan yang akhirnya berujung pada bubar. Hebatnya, situasi itu tidak membuatnya patah arang. Justru ia jadi lebih bersemangat untuk membangun lagi dari awal. Tentu saja dengan lebih selektif dalam memilih mitra bisnis. Pengalaman terdahulu dijadikan pembelajaran. Perlahan namun pasti, Uptown Kitchen bangkit dan berkembang dengan sukses.

Yang menarik dari perbincangan kami mengenai perjalanannya membangun bisnis adalah iklim bisnis yang kondusif di Pittsburgh. Kebijakan pemeritah setempat sangat mendukung bisnis bisa bertumbuh dengan baik. Misalnya, kemudahan aspek perijinan. Selain mudah, juga tidak ada biaya “di bawah meja” dan pungutan liar lainnya. Fasilitas publik terawat dengan baik, pelayanan publik baik pun terselenggara dengan baik sebagai bentuk kompensasi dari pajak yang dibayar rakyat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)