Asap Kretek Menguap di Hollywood

Jum'at, 17 Desember 2021 - 11:10 WIB
loading...
Asap Kretek Menguap di Hollywood
Hasan Aoni, Pendiri Omah Dongeng Marwah, Sekjen GAPPRI 2011-2018. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
Hasan Aoni
Pendiri Omah Dongeng Marwah
Sekjen GAPPRI 2011-2018

TAHUKAH Anda, rokok kretek sangat digemari bintang film Hollywood dan artis Amerika?

Dalam film 3000 Miles to Graceland(2001), kesukaan Hollywood pada rokok asli Indonesia, ini terkuak. Di menit ke 67, Kevin Costner, yang memerankan Thomas Murphy, seorang bandit yang berpose a la Elvis Presley, menghentikan laju mobilnya dari kejaran polisi.

Ia keluar menyalakan rokok, menyedotnya dalam-dalam dan menjentiknya sebelum habis. Sementara 25 meter di belakangnya, polisi yang tadi mengejarnya, siap merogoh pistol dari dalam holster. Jentikan itu serupa tantangan untuk beradu siapa paling cepat melesakkan peluru di kepala.

Di atas aspal di sabana yang lengang di kota Memphis, di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat, rokok yang melenting itu jatuh berguling-guling. Sebelum akhirnya polisi terhuyung ditembus peluru Murphy, mata kamera mengikuti lentingan rokok hingga terhenti di atas aspal.

Tampak lambang jarum gramafon -- mesin pemutar piringan hitam -- berwarna merah tercetak di pangkal filter. Kaum perokok pasti tahu itu simbol kretek merek Djarum asal Indonesia yang dipasarkan di Amerika.

Adegan aktris Keira Knightley dalam film Domino(2005) menunjukkan hal serupa. Di menit ke-115, bintang film asal Inggris yang berperan sebagai pembunuh bayaran Domino Harvey, itu menyulut rokok saat diinterogasi di dalam penjara. Asap rokok menguap di muka sang interogator serta di atas sebungkus Marlboro yang tergolek di atas meja.

Dalam film-film Hollywood, berbagai simbol kenegaraan Amerika kerap muncul mewarnai hampir setiap adegan. Mulai bendera, gedung putih, bahkan Coca-cola dan Marlboro. Mereka menyisipkan pesan itu sebagai ekspresi nasionalisme Amerika.

Tapi, tahukah apa isi di dalam bungkus Marlboro yang tergeletak di atas meja itu? Sama seperti di film 3000 Miles, ternyata lambang rokok kretek merek Djarum Indonesia. Mengapa bukan bungkus asli Djarum yang dipamerkan? Di situ nasionalisme Amerika ditunjukkan secara sadar oleh insan film Hollywood.

Berbeda dengan adegan film, di adegan nyata kretek Indonesia tak lagi bisa disembunyikan dari mata telanjang. Di tahun 2014, selebriti Selena Gomez menjadi sorotan media setelah putus cinta dengan penyanyi Justin Bieber. Ia yang dikenal publik sebagai artis kalem, terjepret kamera tengah menggapit sebungkus kretek di depan sebuah toko tak jauh dari tempat tinggalnya di Tarzana, California. Di bagian bawah bungkus berwarna merah maron itu tercetak sangat jelas merek Djarum dengan huruf kapital berwarna putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2507 seconds (0.1#10.140)