Atasi Proyek Mangkrak, KSP Moeldoko Ibarat Vasodilator

Kamis, 16 Desember 2021 - 12:29 WIB
loading...
Atasi Proyek Mangkrak, KSP Moeldoko Ibarat Vasodilator
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ibarat Vasodilator, nama obat generik untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah yang bisa menyebabkan kematian, begitulah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat ini berfungsi.

Baca Juga: Moeldoko
Baca juga: Moeldoko Tegaskan KSP Terus Mengawal Proyek Strategis Nasional

Selama ini turun tangannya Moeldoko terbukti memperlancar berjalannya proses. Bahkan sering juga Moeldoko membuat proses yang tadinya macet dan jalan di tempat, kembali bergulir menuju terselesaikan.

Seperti juga dalam operasional Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang dalam jadwal seharusnya mulai beroperasi September 2020 lalu. Dengan kepeduliannya, pada Rabu (15/12/2021), KSP Moeldoko memimpin rapat koordinasi bersama Kementerian/Lembaga terkait di Gedung Bina Graha, Jakarta.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Moeldoko tersebut, segala persoalan, hambatan, dan keluh kesah pun dicatat untuk dicarikan solusinya dengan segera.

Hal tersebut tidak luput dari perhatian pengamat birokrasi, Varhan Abdul Azis, yang mengapresiasi langkah Moeldoko itu sebagai langkah proaktif yang sepatutnya dilakukan lembaga Kantor Staf Presiden.

"Kami cermati, Pak Moeldoko ini senantiasa awas melihat berbagai program pemerintah yang terhambat karena berbagai hal, lalu dengan sigap beliau terjun langsung melakukan debottlenecking secara intensif," kata Varhan, dalam pernyataan pers yang kami terima, Kamis (16/12/2021).

Terutama dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang pendidikan tersebut, Varhan yang juga merupakan wakil sekretaris jenderal LSM Lumbung Informasi Rakyat (Lira) itu melihat peran Moeldoko yang dominan dan menentukan.

"Jika KSP tidak turun tangan, mungkin tidak akan seperti sekarang. Dengan turun tangannya Moeldoko, proyek yang terhambat dari seharusnya mulai beroperasi September 2020 itu dimungkinkan bisa dilakukan grand launching pada 2022 mendatang," ucap Varhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)