Dahsyat! Jenderal Top AS Puji Kehebatan Kopassus: Sorot Mata Prajurit Pancarkan Keberanian

Sabtu, 11 Desember 2021 - 12:06 WIB
loading...
A A A
Subahyo tersenyum mendengar ucapan itu. Dirinya tak tahu apakah ucapan itu benar adanya atau hanya untuk menyenangkan dirinya sebagai tuan rumah. Yang jelas, pujian itu terlontar setelah jenderal bintang empat AS itu melihat dengan mata kepala sendiri latihan Kopassus di Batujajar.

Subagyo yang memimpin Kopassus dari September 1994-Desember 1995 itu lantas menjelaskan kepada Downing bagaimana cara menghasilkan prajurit-prajurit hebat. Menurutnya, personel berkualitas akan muncul dari sistem seleksi yang baik. Dari seleksi akan terjaring prajurit-prajurit yang punya potensi terbaik.

Cara lainnya, kata Bagyo dengan nada bercanda, yakni menempatkan prajurit dalam situasi sulit atau susah. Jika prajurit susah, mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk bertahan atau survive. Bisa jadi karena penasaran dengan penjelasan itu, Downing bertanya apakah ada persoalan anggaran di Kopassus.

“Apakah ada masalah dengan budget (money),” ucapnya.

Bagyo tak kurang akal. Dia berkelit bahwa keterbatasan anggaran bagi prajurit bukan suatu persoalan. “Money is no problem, but the problem is no money (uang bukan masalah, tapi masalah itu kalau enggak ada uang,” katanya, berkelakar.

Downing juga pernah merasakan terjun payung (free fall) bersama prajurit Baret Merah. Momen ini diabadikan mantan Danjen Kopassus yang kini menjabat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Prabowo dalam akun Instagram miliknya beberapa waktu lalu mengunggah potret bersama Downing dan beberapa prajurit lainnya. Baca juga: Prajurit Kopassus Ini Awalnya Ditertawakan saat Ingin Jadi Jenderal, Endingnya Semua Orang Hormat!

“Around 25 years ago at Batujajar, West Java. Friendly Free Fall Jump with Commander of the United States Special Operations, General Wayne A. Downing,” tulis Prabowo, 29 Desember 2020.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2465 seconds (0.1#10.140)