Indonesia Terbuka Jalin Kerja Sama Bidang Kebudayaan dengan AP-LAC

Senin, 06 Desember 2021 - 21:56 WIB
loading...
Indonesia Terbuka Jalin Kerja Sama Bidang Kebudayaan dengan AP-LAC
Dubes RI Sukmo Harsono (kiri) bersama Dubes Costarika Inggrid Monge, Diplomat Ekonomi KBRI Panama Puji Lestari, Presiden AP-LAC Dubes Jairo Hernandes dan staf. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Duta Besar RI di Panama City Sukmo Harsono mengatakan Indonesia terbuka untuk melakukan kerja sama dengan Pusat Promosi Perdagangan dan Investasi Asia Pasifik - Amerika Latin (AP-LAC) di bidang-bidang lainnya seperti promosi pendidikan dan kebudayaan. Hal itu dikatakan Sukmo dalam acara penandatanganan dokumen pernyataan kehendak (Lol) tentang pembentukan jejaring bisnis Indonesia - Amerika Latin dan Karibia secara circular antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Panama City dengan AP-LAC, Senin (6/12/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden AP-LAC di San Jose, Kosta Rika yaitu Dubes Jairo Hernandez dan disaksikan oleh Dubes RI di Panama City Sukmo Harsono. Penandatanganan LoI ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Duta Besar Jairo Hernandez dan Duta Besar Kosta Rika untuk Panama Ingrid Monge. Pada kesempatan pertemuan tersebut kedua pihak sepakat untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Kosta Rika diperlukan upaya peningkatan promosi dan people to people contacts.

Adapun jejaring bisnis Indonesia - Amerika Latin dan Karibia merupakan gagasan Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Kadin yang dibuat untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dengan Amerika Latin dan Karibia serta mendorong dialog dan kerja sama antara sektor bisnis, terutama di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi. Jejaring ini juga dibentuk dalam rangka meningkatkan kerja sama antar sektor bisnis di Indonesia dengan Amerika Latin dan Karibia, untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.



“Dengan bergabungnya AP-LAC dalam jejaring bisnis Indonesia - Amerika Latin dan Karibia diharapkan dapat lebih meningkatkan business to business contact antara pengusaha Kosta Rika dengan Indonesia,” kata Dubes RI di Panama Sukmo Harsono dalam sambutan virtualnya saat penandatanganan dokumen pernyataan kehendak oleh AP - LAC.

AP-LAC adalah lembaga swasta yang mendapat dukungan dari pemerintah Kosta Rika khususnya Kementerian Luar Negeri untuk mendorong peningkatan kerja sama Kosta Rika dengan negara-negara di Asia Pasifik. Dubes Jairo Hernandez yang saat ini menjadi Presiden AP-LAC pernah menjabat sebagai Duta Besar Kosta Rika untuk Singapura dan Australia selama 7 tahun.

Dia juga pernah beberapa kali mengunjungi Indonesia untuk mengikuti berbagai pertemuan seperti pertemuan FEALAC. Selain menyelenggarakan berbagai seminar dengan tema ekonomi terkait Kosta Rika atau Amerika Tengah dan Asia Pasifik, lembaga ini juga tengah mengembangkan pembentukan pusat studi Asia Pasifik pertama di Amerika Tengah bekerja sama dengan universitas-universitas di Kosta Rika dan Amerika Tengah.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)