Dubes Sukmo Harsono Blusukan Cari Peluang Tingkatkan Kerja Sama RI-Panama

Rabu, 03 November 2021 - 22:14 WIB
loading...
Dubes Sukmo Harsono Blusukan Cari Peluang Tingkatkan Kerja Sama RI-Panama
Duta Besar (Dubes) LBBP RI Sukmo Harsono proaktif melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Panama untuk mempromosikan Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Duta Besar ( Dubes ) LBBP RI Sukmo Harsono proaktif melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Panama untuk mempromosikan Indonesia. Selain itu, untuk mencari peluang potensi kerja sama antara Indonesia dan Panama.

Duta Besar Sukmo Harsono telah melakukan kunjungan ke Kota David dan Boquete, Provinsi Chiriquí pada 2-3 November 2021. Dalam kunjungannya, Sukmo didampingi oleh Counsellor Protokol dan Konsuler Rheinhard Sinaga dan Pastur Laurentius I Ketut Dawio, seorang Pastur WNI asal Bali yang telah melayani di Panama selama tujuh tahun.

Sukmo dan delegasi dalam blusukan ini melakukan serangkaian pertemuan dan kunjungan kepada Wali Kota David Antonio Adolfo Araúz Avendaño dan Wakil Perusahaan Penghasil Kopi Geisha di Finca Lamastus Elida Estate Coffee. Dalam pertemuan dengan Wali Kota David, Sukmo menyampaikan usulan-usulan sektor-sektor yang dapat dikerjasamakan dengan Kota David.




Duta Besar Sukmo Harsono memberikan cendera mata batik kepada Wali Kota David Antonio Adolfo Araúz Avendaño. Foto/Ist

“David adalah kota kedua terbesar setelah Panama City dan merupakan Ibu Kota Provinsi Chiriquí. Provinsi Chiriquí sangat menonjol di bidang pertanian dan peternakan. Supply produk pertanian untuk seluruh Panama mayoritas berasal dari Provinsi Chiriquí, sektor peternakannya juga memberikan kontribusi besar dalam perdagangan susu dan daging di Panama. Oleh karena itu, saya tawarkan kerja sama sawit dan ekspor impor daging sapi,” kata Sukmo Harsono.

Wali Kota David juga sangat mengapresiasi kunjungan Duta Besar Sukmo Harsono dan delegasi ke Kota David yang dinilai waktunya cukup tepat. “Kota David yang saya pimpin memang terbuka untuk kerja sama dengan semua pihak. Dalam waktu dekat ini, David akan menyelenggarakan Feria Internacional de San José de David (semacam trade expo) yang akan diselenggarakan pada bulan Maret 2022. Terkait kegiatan ini saya mengundang Duta Besar untuk kiranya dapat mengirimkan peserta untuk dapat hadir pada Feria Internacional dimaksud,” ujar Antonio Adolfo Araúz Avendaño

Counsellor Protokol dan Konsuler Rheinhard Sinaga menyampaikan bahwa Indonesia membuka kemungkinan kerja sama pengolahan kopi misalnya craft coffee beer atau craft coffee antara pengusaha Indonesia dan Panama. “Dalam kesempatan yang sama, kita juga mengundang Wali Kota David untuk hadir dalam kegiatan outreach program yang diselenggarakan oleh CPOPC (Council of Palm Oil Producing Countries) untuk meningkatkan kapasitas petani smallholder kelapa sawit di wilayah Amerika Tengah dalam pencapaian SDGs 2030 serta penjajakan global alliance untuk petani smallholder kelapa sawit,” kata Rheinhard Sinaga.



Pada pertemuan antara Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Pertanian Panama pada Juli 2021 telah dibahas berbagai hal yang dapat dikerjasamakan antara Indonesia dan Panama, di antaranya kelapa sawit dan kopi. Namun demikian, hingga saat ini belum ada usulan dari pihak Panama terkait kerja sama yang diinginkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)