2 Hagglund PMI Dikerahkan ke Gunung Semeru, Begini Kemampuannya

Senin, 06 Desember 2021 - 09:05 WIB
loading...
2 Hagglund PMI Dikerahkan ke Gunung Semeru, Begini Kemampuannya
PMI mengerahkan dua unit hagglund ke lokasi terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Foto/dok.PMI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia ( PMI ) Jusuf Kalla memerintahkan jajarannya untuk menurunkan Hagglund PMI ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kedua Hagglund tersebut diberangkatkan ke Lumajang pada Minggu (5/12/2021) malam dari pangkalannya di Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Kendaraan multi fungsi Hagglund milik PMI ini memiliki roda rantai yang bisa melintasi medan dengan suhu panas. Juga bak bagian belakangnya bisa digunakan untuk mengangkut barang serta manusia. Membantu evakuasi korban didaerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin.

Diperkirakan, dua unit Hagglund tersebut tiba di Posko PMI Kabupaten Lumajang pada Senin (6/12/2021) siang nanti. Dalam menjalankan operasi pencarian, Hagglund ini di bawah kendali operasi PMI Kabupaten Lumajang.



PMI Lumajang rencananya akan menempatkan Kedua Hagglund ini di dua sisi Jembatan Gladak Perak Desa Curah Kobokan Kecamatan Candipuro Lumajang yang putus diterjang lahar dingin letusan Gunung Semeru. Satu unit ditempatkan di posisi akses menuju Kecamatan Candipuro dan satu unit lagi di Kecamatan Pronojiwo, yaitu akses melewati Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

Selain membantu pencarian korban dan evakuasi warga, Hagglund ini akan digunakan mengangkut bahan makanan ke pos-pos pengungsian yang tidak bisa dilintasi kendaraan biasa. Kendaraan taktis mirip tank milik PMI ini telah beberapa kali diturunkan membantu evakuasi korban letusan Gunung, diantaranya erupsi Gunung Merapi tahun 2010, erupsi Gunung Kelud tahun 2011, erupsi Gunung Sinabung tahun 2013, dan kini erupsi Gunung Semeru.



Hagglund ini memiliki ketangguhan bisa melintasi jalur yang dipenuhi debu vulkanik dengan suhu sampai 60 derajat celcius. Pada 2010, 2 unit Hagglund PMI dengan dibantu personel grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta berhasil menembus pemukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Relawan PMI bersama Tim SAR lainnya berhasil mengevakuasi beberapa jenazah di dalam rumah warga.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)