Kronologi Letusan Gunung Semeru: Diawali Lahar Hingga Kemudian Erupsi

Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:45 WIB
loading...
Kronologi Letusan Gunung Semeru: Diawali Lahar Hingga Kemudian Erupsi
Gunung Semeru yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur meletus. Foto/tangkapan layar
A A A
JAWA TIMUR - Gunung Semeru yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur meletus. Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut erupsi mengeluarkan guguran awan panas sekira pukul 15.00 WIB.

Koordinator Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto membeberkan kronologi meletusnya Gunung Semeru. Kata Kristianto, sebelum erupsi, Gunung Semeru sempat mengeluarkan lahar pada pukul 13.30 WIB.

Baca juga: Penampakan Gunung Semeru Meletus, Warga Panik Menyelamatkan Diri

"Erupsi Semeru berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021, diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13:30 WIB," kata Kristianto saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga: Semeru Meletus, 2 Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita Tertutup Awan Hitam

Berdasarkan pengamatan dari pos PVMBG di dekat Gunung Semeru, puncak Mahameru saat itu tertutup kabut. Saat ini, kata Kristianto, terpantau guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Supit Utang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jatim.



"Pada saat kejadian awal visual gunung tertutup kabut, awan panas guguran mengarah ke Besuk Kobokan dan hingga saat ini masih berlangsung," pungkasnya
(cip)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1496 seconds (10.101#12.26)