Bangun Optimisme dan Buka Peluang Usaha, Kemnaker Gelar TKM Expo Republik Kreatif 2021

Sabtu, 04 Desember 2021 - 11:55 WIB
loading...
Bangun Optimisme dan Buka Peluang Usaha, Kemnaker Gelar TKM Expo Republik Kreatif 2021
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah didampingi Pelaksana harian (Plh) Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Haiyani Rumondang, membuka TKM Expo, Kamis (2/12/2021).
A A A
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) terus berupaya menangani dampak pandemi di sektor ketenagakerjaan, melalui beragam program perluasan kesempatan kerja, penguatan sektor wirausaha dan peningkatan skill serta kreatifitas vokasi masyarakat. Semua program tersebut agar masyarakat pekerja yang terdampak mampu bangkit, kembali berpenghasilan serta mengurangi angka kemiskinan.

Sejumlah program yang diluncurkan sejak awal pandemi tahun 2020 lalu, seperti program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dan bantuan Inkubasi Wirausaha itu, kini mulai terlihat hasilnya. Hal ini bisa dilihat di gelaran TKM Expo Republik Kreatif 2021 bertema 'Tenaga Kerja Mandiri Bangkit, Indonesia Maju 2021', yang digelar di Jakarta International Velodrome, Pulogadung Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021) sampai dengan Sabtu (4/12/2021).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, saat membuka TKM Expo Republik Kreatif, mengatakan bahwa berbagai program dilakukan Kemnaker dalam membantu masyarakat, "Salah satunya program untuk perluasan kesempatan kerja melalui bantuan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dan Inkubasi Wirausaha yang mendorong kreativitas, inovasi, dan keterampilan serta imajinasi dalam memproduksi barang atau jasa. Melalui program TKM ini, diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja yang baru," ujarnya.

Menteri Ida mengaku bangga dengan kreatifitas para penerima bantuam TKM. Salah satunya ada TKM yang mampu mengolah barang-barang limbah menjadi barang seni dan barang siap pakai yang bernilai tinggi saat dipamerkan. "Di tangan orang yang kreatif, barang bekas akan menjadi berarti luar biasa. Kalau orang sekarang sibuk mencari lowongan pekerjaaan, maka dari tangan-tangan yang kreatif justru akan mewujudkan pekerjaan,“ katanya.

Expo ini, kata Ida, untuk menggelorakan mimpi para pemula secara mandiri untuk bergerak dalam bisnis lebih maju dan memberikan semangat pelaku ekonomi kreatif supaya menciptakan inovasi baru untuk kemajuan usaha mereka. "Penyelenggaraan Festival Republik Kreatif 2021 akan membawa para pelaku TKM akan lebih matang dalam menyiapkan produk yang memiliki daya tarik dengan kualitas prima, sehingga mendapatkan nilai jual lebih tinggi," ujar Menaker Ida.

Dia sangat berharap peserta Festival Republik Kreatif 2021 mampu mengoptimalkan potensi bisnis dan mampu menciptakan inovasi untuk mendukung perekonomian masyarakat. CM

(ars)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2732 seconds (11.97#12.26)