Penutupan IOG 2021, Sepakati Industri Hulu Migas Menjadi Pilar Utama Energi

Jum'at, 03 Desember 2021 - 09:00 WIB
loading...
Penutupan IOG 2021, Sepakati Industri Hulu Migas Menjadi Pilar Utama Energi
Konvensi The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG) 2021 resmi ditutup pada Rabu (1/2/2021),
A A A
DENPASAR - Konvensi The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG) 2021 resmi ditutup pada Rabu (1/2/2021), di Denpasar, Bali. Konvensi industri hulu minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia ini menghasilkan salah satu hal penting, yakni kesepahaman bersama bahwa industri hulu migas akan terus menjadi pilar utama energi di tengah kesadaran global akan pentingnya transisi energi dari energi fosil ke energi baru dan terbarukan yang lebih bersih.

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani mengingatkan bahwa optimalisasi peran tersebut mendesak dilakukan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. "Sekarang adalah waktunya. Kita hanya punya jeda waktu yang sangat sempit untuk memanfaatkan industri hulu migas untuk mendukung transisi energi secara berkelanjutan atau in sustainable way," ujarnya saat menutup konvensi IOG 2021.

Fatar menambahkan Industri hulu migas Indonesia menyimpan potensi besar yang belum disentuh kegiatan eksplorasi. Guna menggali potensi besar ini, industri hulu migas siap bekerja sama dengan investor baik dari dalam dan luar negeri.

Pemerintah pun berkomitmen untuk menawarkan pengembalian investasi yang kompetitif, meningkatkan kemudahan berusaha, dan menunjukkan kolaborasi yang kuat antar pemangku kepentingan dan pihak terkait. Hal-hal tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan jangka panjang tentang kestabilan regulasi di Indonesia.

Fatar menilai industri hulu migas telah memainkan peran penting tidak hanya sebagai penyuplai energi tetapi juga salah satu pilar ekonomi negara Indonesia. Manfaat kehadiran sektor ini tidak terbatas di dalam industri sendiri tetapi juga mengalir ke berbagai industri penunjang yang bertumbuh bersama industri hulu migas. "Peran strategis ini akan terus berlanjut seiring dengan perjalanan Republik Indonesia yang memasuki usia 100 tahun pada 2045 nanti," ujar Fatar.

Posisi industri hulu migas yang masih akan berada di titik strategis sehingga perlu dikembangkan, pernah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 8 Agustus 2021 lalu.

Presiden menyampaikan lima strategi untuk mencapai target produksi 1 juta BOPD minyak dan 12 BSCFD gas pada 2030. Lima strategi tersebut adalah optimalisasi produksi dari lapangan yang sudah ada; mempercepat transformasi cadangan menjadi produksi; mempercepat penerapan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR); menggalakkan eksplorasi secara masif; dan mempercepat reformasi regulasi melalui kebijakan perizinan satu pintu dan pemberian insentif untuk industri hulu migas.

Dengan adanya komitmen Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission pada 2060, peran industri hulu migas, terutama gas bumi, menjadi semakin krusial seiring dengan komitmen pemerintah untuk pelan-pelan mengurangi pemakaian energi batubara. Gas bumi sebagai alternatif energi yang lebih besar akan memainkan peran penting dalam masa transisi menuju energi baru terbarukan.

Fatar mengatakan perjalanan menuju Net Zero Emission serta peran penting sektor hulu migas dalam rangka kelanjutan ketahanan energi dan kestabilan makroeknomi menciptakan tantangan tersendiri, utamanya bagaimana sektor ini dapat melakukan eksplorasi dan produksi dengan cara-cara yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Perlu diingat bahwa perjalanan menuju Net Zero Emission bukanlah merupakan sprint tetapi marathon. Kita semua harus bertransformasi dan transformasi tersebut harus dimulai hari ini," ujar Fatar pada penutupan konvensi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)