Kenalkan Rendang ke Eropa, Dubes RI untuk Bulgaria Sukses Tarik Investasi 3 Juta Dolar AS

Minggu, 28 November 2021 - 23:10 WIB
loading...
Kenalkan Rendang ke Eropa, Dubes RI untuk Bulgaria Sukses Tarik Investasi 3 Juta Dolar AS
Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta bersama William Wongso, pakar kuliner nusantara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Satu lagi gebrakan dilakukan Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta, dalam memperkenalkan budaya dan kekayaan kuliner khas Indonesia. Setelah membawa jamu, sepeda kayu, konveksi apparel olahraga, kini Iwan Bogananta promosikan Rendang Goes to Europe.



Bela Ltd adalah perusahaan terkemuka di Bulgaria untuk membuat makanan lezat asal Sumatera Barat ini bisa didistribusikan ke kawasan lain di Eropa.

"Nilai investasinya 3 juta Dolar AS. Pasarnya tidak hanya di Bulgaria, tapi Bulgaria ini akan kami dijadikan 'hub' atau penghubung untuk pasar rendang ke Eropa, khususnya negara-negara Balkan," kata Iwan Bogananta.

Iwan menyatakan, KBRI Bulgaria merasa gembira bisa lebih membuat rendang lebih terkenal di negeri kawasan Eropa Timur itu.

"Bukan berarti orang Eropa belum kenal rendang ya. Selama ini sudah, tapi akan lebih kita massifkan lagi. Sehingga dari situ rasa cinta mereka pada negara produsen rendang akan semakin kuat," ucap Iwan.

Selama di Sofia, sederet kegiatan menanti William Wongso, yang khusus didatangkan KBRI untuk mempopulerkan kuliner nusantara. Agenda-agenda itu antara lain pengambilan gambar dengan BTV, sebuah stasiun televisi di Bulgaria.

Pemilik William Gourmet Catering itu tampil dalam program bertema Indonesia Spice Up the World. Di acara ini, William Wongso beraksi demo memasak rendang serta mengajarkan masyarkat Eropa tips makan rendang ala mereka, yakni makan rendang dikombinasikan sandwich dan salad.

Selain itu, pria yang kerap memandu program kuliner di televisi ini juga berdiskusi dengan warga negara Indonesia di Bulgaria, berlokasi di Yati Cooking Resto, sebuah restoran Indonesia di Sofia. Di negara berjuluk Negeri Kuntum Mawar itu ada hampir 100 WNI Indonesia bermukim di sana.

"Di sini, beliau berbagi tips masak enak ala William Wongso," ujar Iwan Bogananta.

Agenda lain yakni penandatanganan kerja sama produksi rendang itu. "Sebuah kehormatan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami bisa mengajak perusahaan di Bulgaria untuk berinvestasi, memproduksi, dan memasarkan makanan kebanggaan Indonesia," tutup Iwan Bogananta.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)