Wujudkan Demokrasi Inklusif, Konvensi Rakyat Perindo Buka Pintu Siapa Pun Jadi Caleg

Kamis, 25 November 2021 - 19:52 WIB
Wujudkan Demokrasi Inklusif, Konvensi Rakyat Perindo Buka Pintu Siapa Pun Jadi Caleg
Anggota Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo Susaningtyas Kertopati mengatakan, Konvensi Rakyat Perindo wujudkan demokrasi inklusif. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi warga negara Indonesia yang memiliki cita-cita menjadi calon anggota legislatif (caleg) dengan visi dan misi menuju masyarakat sejahtera maka pintu tersebut terbuka lebar. Sebab, Partai Perindo telah membuka Konvensi Rakyat berbasis digital pada 25 November 2021.

Adanya Konvensi Rakyat Partai Perindo mendorong siapa pun dapat mendaftarkan dirinya untuk menjadi calon anggota legislatif. Tak melulu harus dari mereka pengusaha kaya raya, golongan bangsawan, ataupun artis terkenal.

"Apa kita pernah tahu bagaimana partai politik memilih kandidat wakil rakyatnya. Calon anggota legislatif yang kerjanya membuat Undang-undang untuk mengatur negara kita dan menentukan masa depan hidup kita," ujar anggota Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo Susaningtyas Kertopati, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Hary Tanoe Jamin Caleg Hasil Konvensi Rakyat Perindo Tak Khianati Mandat

Perempuan yang akrab disapa Nuning ini menjelaskan, biasanya masyarakat dalam memilih calon anggota legislatif baik di tingkat kabupaten kota, provinsi, maupun nasional hanya melihat dari foto wajah dan nama. Maka kebiasaan buruk tersebut harus dihentikan. Salah satunya dengan mengenali sosok bakal calon legislatif (Bacaleg) melalui mekanisme konvensi rakyat yang transparan dan akuntabel.



Baca juga: Ini 14 Sosok Mengisi Dewan Nasional dan Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo

"Kita lihat nama dan foto calon DPR dan DPRD hanya di kertas suara, tidak lebih dari 10 menit untuk menentukan nama yang akan kita gaji dari uang pajak kita lima tahun setelahnya untuk mewakili kita dari bangku kuasa," ungkapnya.

Baca juga: Hary Tanoe Panggil Putra Putri Terbaik Bangsa Ikuti Konvensi Rakyat Partai Perindo

Nuning menjelaskan konvensi rakyat bukan program atau aksi basa-basi. Di Indonesia, kata Nuning, untuk pertama kalinya ada sebuah partai politik yang membuka diri untuk menerima siapa pun kandidat yang bertekad untuk memperbaiki dan memajukan negaranya lewat kursi legislatif.

"Partai itu adalah partai Perindo. Di konvensi rakyat ini mereka yang ingin maju sebagai kandidat calon wakil rakyat akan diterima dan berproses secara demokratis," katanya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1041 seconds (10.177#12.26)