Usaha KSP Moeldoko Bantu Calon Pekerja Migran Membuahkan Hasil

Kamis, 25 November 2021 - 12:14 WIB
Usaha KSP Moeldoko Bantu Calon Pekerja Migran Membuahkan Hasil
Kepala KSP Moeldoko menyatakan, Pemerintah terus mencari solusi dalam membantu calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang akan berangkat ke berbagai negara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyatakan, Pemerintah terus mencari solusi terbaik dalam membantu calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang akan berangkat ke berbagai negara. Hal ini terkait dampak pandemi yang belum juga mereda, yakni sertifikat vaksin.

Baca juga: Waspada! DKI Jakarta Catat 47 Persen Kasus Covid Didominasi Pekerja Imigran

Adapun hasil kerja keras tersebut membuahkan hasil dengan dibukanya kembali pintu-pintu negara penempatan bagi para PMI, seperti Taiwan dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Cegah Varian Baru Corona, Pemprov Jatim Waspadai Kedatangan Pekerja Migran Via Laut

Hal ini diungkapkan Novlin, salah satu CPMI yang awal bulan November lalu bertemu dengan Moeldoko dan berkeluh kesah tentang sulitnya berangkat ke negara penempatan, Kamis (25/11/2021).

"Pembukaan kembali Taiwan merupakan bukti nyata kerja keras pemerintah terutama peran KSP dalam memperhatikan nasib para pekerja migran. Negara benar-benar hadir dalam melindungi hak warga negaranya. Saya sangat berterima kasih," ungkap Novlin.



Sebelum menemui KSP Moeldoko, Novlin yang merupakan CPMI asal Poso sudah menunggu keberangkatan ke luar negeri sejak Maret 2021, tapi belum ada kepastian. Padahal para pekerja migran tersebut sudah memiliki sertifikat vaksin sesuai yang dipersyaratkan.

Mendengar hal tersebut, KSP bersama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berkolaborasi mencarikan solusi pada permasalahan tersebut. Hingga akhirnya, negara penempatan mau kembali membuka pintunya bagi pekerja migran Indonesia.

Sertifikat vaksin merupakan salah satu isu yang terus dikawal oleh KSP. Bahkan Moeldoko memberikan perhatian khusus terkait penyelesaian isu ini. Untuk itu, KSP kembali menggelar Rapat Koordinasi bersama Kemenkes dan Kemenaker secara daring dari Jakarta. Rakor kali ini membahas bagaimana sertifikasi vaksin bagi para CPMI/PMI.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2046 seconds (11.252#12.26)