Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira

Minggu, 21 November 2021 - 21:52 WIB
loading...
Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira
Polri memiliki 22 jenjang kepangkatan dari tamtama terendah sampai perwira tertinggi. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Struktur kepangkatan Polri secara garis besar sama dengan TNI, terdiri atas tiga golongan, yaitu tamtama, bintara , dan perwira . Masing-masing golongan masih terbagi menjadi urutan pangkat polisi yang jumlahnya 22.

Jumlah tersebut terdiri atas 10 pangkat jenjang perwira, enam pangkat jenjang bintara, dan enam pangkat jenjang tamtama. Berikut 22 urutan pangkat polisi secara lengkap.




Pangkat Perwira Tinggi Polri

Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira


1. Jenderal Polisi
Jenderal Polisi adalah pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan Polri, gambar pangkat di Polri untuk Jenderal Polisi adalah 4 bintang.

2. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)
Komisaris Jenderal Polisi adalah pangkat di atas Inspektur Jenderal Polisi di bawah Jenderal Polisi, tanda pangkat Polri untuk Komisaris Jenderal Polisi adalah 3 bintang.

3. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)
Inspektur Jenderal Polisi adalah pangkat di atas Brigadir Jenderal Polisi di bawah Komisaris Jenderal Polisi, lambang pangkat di Polri untuk Inspektur Jenderal Polisi adalah 2 bintang.

4. Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)
Brigadir Jenderal Polisi adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira tinggi Polri, lambang pangkat dalam Polri untuk Brigjen Pol adalah 1 bintang.

Pangkat Perwira Menengah Polri

Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira


1. Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)
Komisaris Besar Polisi adalah pangkat tertinggi dalam jajaran kepangkatan perwira menengah Polri, gambar pangkat di Polri untuk Komisaris Besar Polisi adalah 3 bunga melati emas.

2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
Ajun Komisaris Besar Polisi atau disingkat AKBP adalah pangkat diatas Komisaris Polisi dibawah Komisaris Besar Polisi, lambang pangkat di Polri untuk AKBP adalah 2 bunga melati emas.

3. Komisaris Polisi (Kompol)
Komisaris Polisi adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira menengah Polri, lambang pangkat dalam Polri untuk Komisaris Polisi adalah 1 bunga melati emas.




Pangkat Perwira Pertama Polri


Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira


1. Ajun Komisaris Polisi (AKP)
Ajun Komisaris Polisi adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat perwira pertama Polri, tanda pangkat POLRI untuk Ajun Komisaris Polisi adalah 3 balok emas.

2. Inspektur Polisi Satu (Iptu)
Inspektur Polisi Satu atau disingkat IPTU adalah pangkat di atas Inspektur Polisi Dua dibawah Ajun Komisaris Polisi, lambang pangkat di Polri untuk IPTU adalah 2 balok emas.

3. Inspektur Polisi Dua (Ipda)
Inspektur Polisi Dua Polri atau disingkat IPDA adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira pertama Polri, lambang pangkat dalam Polri untuk Inspektur Polisi Dua adalah 1 balok emas.

Pangkat Bintara Tinggi Polri

Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira


1. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)
Ajun Inspektur Polisi Satu adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri, tanda pangkat Polri untuk Ajun Inspektur Polisi Satu adalah 2 balok perak bergelombang.

2. Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)
Ajun Inspektur Polisi Dua atau disingkat Aipda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri, lambang pangkat dalam Polri untuk Ajun Inspektur Polisi Dua adalah 1 balok perak bergelombang.

Pangkat Bintara Polri

Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira


1. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)
Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Polri, gambar pangkat di Polri untuk Brigadir Polisi Kepala adalah 4 balok perak menyerupai huruf V.

2. Brigadir Polisi (Brigpol)
Brigadir Polisi atau disingkat Brigpol adalah pangkat di atas Brigadir Polisi Satu dibawah Brigadir Polisi Kepala, tanda pangkat Polri untuk Brigadir Polisi adalah 3 balok perak menyerupai huruf V.

3. Brigadir Polisi Satu (Briptu)
Brigadir Polisi Satu atau disingkat Briptu adalah pangkat di atas Brigadir Polisi Dua dibawah Brigadir Polisi, lambang pangkat di Polri untuk Briptu adalah 2 balok perak menyerupai huruf V.

4. Brigadir Polisi Dua (Bripda)
Brigadir Polisi Dua Polri atau disingkat Bripda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Bintara Polri, lambang pangkat dalam Polri untuk Brigadir Polisi Dua adalah 1 balok perak menyerupai huruf V.




Pangkat Tamtama Polri


Tamtama sebagai pangkat terendah dalam kepolisian, bertugas menjadi prajurit kepolisian tugasnya sebagai pelaksana tugas khusus dari kepolisian.

Tamtama Kepala

Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira


1. Ajun Brigadir Polisi (Abripol)
Sebelumnya disebut kopral kepala, lalu menjadi Bhayangkara Utama I. Pangkat ini ditandai balok V warna merah berjumlah tiga.

2. Ajun Brigadir Satu (Abriptu)
Sebelumnya disebut kopral satu, tanda pangkatnya berupa dua buah balok V warna merah.

3. Ajun Brigadir Dua (Abripda)
Tanda pangkat ini berupa balok V merah berjumlah satu.

Tamtama

Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira


1. Bhayangkara Kepala (Bharaka)
Pernah disebut sebagai prajurit kepala atau praka seperti TNI, Bharaka sebagai singkatan bhayangkara kepala. Tanda untuk pangkat adalah tiga balok miring berwarna merah.

2. Bhayangkara Satu (Bharatu)
Bharatu atau Bhayangkara Satu sebelumnya disebut dengan prajurit satu atau pratu. Tanda pangkat ini adalah balok merah berjumlah dua.

3. Bhayangkara Dua (Bharada)
Bharada atau Bhayangkara Dua sebelumnya disebut dengan prajurit dua atau parada. Tanda pangkat ini adalah balok merah berjumlah satu.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2452 seconds (0.1#10.140)