Entaskan Stunting, Anggota Komisi IX DPR: Kerja Tim Seluruh Perangkat Daerah

Sabtu, 20 November 2021 - 23:43 WIB
loading...
Entaskan Stunting, Anggota Komisi IX DPR: Kerja Tim Seluruh Perangkat Daerah
Entaskan Stunting, Anggota Komisi IX DPR: Kerja Tim Seluruh Perangkat Daerah. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi IX DPR mengapresiasi kinerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat yang telah membantu percepatan pengentasan stunting, melalui pemberian dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB), yang diberikan terus menerus setiap tahunnya. Sehingga, hal itu sangat membantu dalam upaya pengentasan stunting di Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Komisi IX yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan Abidin Fikri. Kata dia, hal itu sejalan dengan program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas PPPA Dalduk KB, yakni program atau kegiatan pemberdayaan perempuan dan keluarga, khususnya upaya pencegahan stunting.

Fikri mengatakan, penanganan stunting di Kabupaten Tanggamus tidak bisa dilakukan secara sepihak oleh satu perangkat daerah.

“Namun merupakan kerja tim dari seluruh perangkat daerah terkait, dan juga berbagai stake holder di luar pemerintah, seperti organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, akademisi, dan para tenaga ahli,” jelas Fikri yang juga hadir dalam kegiatan sosialisasi BKKBN seperti dikutip dalam keterangannya, Sabtu (20/11/2021).

Dia melanjutkan, ada beberapa hal yang harus banyak dilakukan di antaranya melakukan rembuk stunting secara kontinyu, menerbitkan Perda dan Perbup terkait Stunting dan percepatan ODF.

“Peningkatan sanitasi layak melalui penguatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Peningkatan jumlah pekon ODF guna mewujudkan Kabupaten Tanggamus zero (bebas) dari perilaku BAB sembarangan,” katanya.Kemudian, sambungnya, pemenuhan gizi yang berkualitas pada anak, dengan melibatkan TP-PKK dan seluruh Lembaga PAUD/ TK/Kober dan PA.

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan dukungannya terhadap upaya pengentasan stunting dan permasalahan kesehatan di wilayahnya.Dia berharap, kegiatan ini dapat mensinergikan hal-hal yang berkaitan dengan program pusat yang dapat ditingkatkan di Kabupaten Tanggamus, terutama terhadap masalah kesehatan masyarakat.

Hadir dalam kesempatan ini, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Pusat Nopian Andusti, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Rudi Budiman, Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM, Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kepala Rumah Sakit Batin Mangunang dr. Meri Yosepa, Ketua DPC PDIP Tanggamus Burhanuddin Noer, para Kepala OPD, Camat, dan Uspika Kecamatan Gisting.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)