Mengerikan, Ini Kekuatan Militer di Bawah Kendali KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

Jum'at, 19 November 2021 - 16:49 WIB
Mengerikan, Ini Kekuatan Militer di Bawah Kendali KSAD Jenderal Dudung Abdurachman
Pasukan Kostrad menjadi salah satu bagian dari kekuatan militer yang dimiliki TNI AD di bawah kendali KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD ). Rencananya serah terima jabatan KSAD dari Jenderal TNI Andika Perkasa ke Dudung akan dilaksanakan, Jumat (19/11/2021) sore.

"(Sertijab) 19 November jam empat sore," kata Dudung selepas dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

KSAD bukanlah jabatan ecek-ecek. Sang jenderal membawahi lebih dari 200.000 personel yang terbagi dalam tiga kekuatan. Masing-masing kekuatan Terpusat, Kekuatan Kewilayahan, dan Kekuatan Badan Pelaksana Pusat.

Baca juga: Sertijab KSAD Digelar Tertutup Sore Nanti

Kekuatan Terpusat TNI AD ada dua, yakni Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kostrad memiliki tiga divisi satuan tempur, 20 batalion infanteri, dan 17 batalian lainnya. Sedangkan Kopassus mempunyai 4 grup tempur dan 1 grup pendidikan.

Kekuatan kedua di bawah KSAD adalah Kekuatan Kewilayahan. Terdiri dari 15 Komando Daerah Militer (Kodam), 45 Komando Resort Militer (Korem), 274 Komando Distrik Militer (Kodim), dan 97 batalion.

Adapun Kekuatan Badan Pelaksana Pusat terdiri dari 1 Resimen Zeni Konstruksi, 5 Skadron Penerbang TNI AD, dan 5 batalion lainnya.



Mengerikan, Ini Kekuatan Militer di Bawah Kendali KSAD Jenderal Dudung Abdurachman


Itu baru kekuatan personelnya. Belum alat utama sistem persenjatan (alutsista)-nya. Mengutip dari data terbaru Global Fire Power, TNI AD memiliki 332 tank, 1.430 kendaraan lapis baja, 153 artileri swa-gerak (kendaraan artileri yang memiliki mobilitas tinggi), 366 artileri tarik, 63 peluncur roket.

Baca juga: Kekuatan Militer Indonesia di Mata Dunia: Jumlah Personel hingga Alutsista yang Dimiliki

Sebagai kekuatan utama dan garda paling depan dalam hal persenjataan darat, tank yang dimiliki Indonesia berada di peringkat 46, merujuk pada peringkat GFP. Posisi tersebut tepat di bawah Argentina dan di atas Spanyol.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1417 seconds (10.177#12.26)