Hentikan Izin Baru dan Perkuat Tata Kelola Hutan-Gambut, Indonesia Turunkan Deforestasi

Jum'at, 12 November 2021 - 19:00 WIB
loading...
A A A
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Indroyono Soesilo menyatakan pelaku usaha mendukung kebijakan pemerintah Indonesia untuk menekan laju deforestasi dan degradasi dan memperbaiki tata kelola kehutanan. "Kebijakan ini juga harus didiukung dengan upaya untuk mencegah pembalakan liar, perambahan dan kebakaran hutan dan lahan," kata Indroyono.

Untuk mendukung kebijakan pemerintah, kata dia, anggota APHI melakukan kegiatan seperti pengkayaan hutan, silvikultur intensif, dan penerapan pembalakan rendah dampak. Selain itu, anggota APHI juga melakukan perbaikan tata kelola air dan restorasi gambut.

Diah Suradiredja dari KEHATI berpendapat, agar implementasi PIPPIB semakin efektif maka koordinasi di daerah harus terus ditingkatkan. "Keterlibatan para pihak juga harus ditingkatkan, termasuk organisasi masyarakat sipil, agar perbaikan tata kelola yang ditujukan dalam PIPPIB bisa tercapai," katanya.

Deputy Resident Representative UNDP Indonesia Sophie Kemkhadze menyebutkan, capaian Indonesia dalam menekan deforestasi dan degradasi sebagai sesuatu yang impresif. Untuk itu, pihaknya akan memperkuat dukungan bagi Indonesia untuk mendukung target Net Sink FoLU 2030. “Kawasan yang masuk dalam PIPPIB seluas Perancis dan hampir dua kali Jerman,” pungkas Sophie.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9282 seconds (0.1#10.140)