Pengamat Militer: Semua Jenderal Bintang 3 Punya Kans Sama Jadi KSAD

Minggu, 07 November 2021 - 11:43 WIB
loading...
Pengamat Militer: Semua Jenderal Bintang 3 Punya Kans Sama Jadi KSAD
Pengamat militer Universitas Paramadina, Anton Aliabbas mengatakan, siapa pun Jenderal TNI AD bintang tiga memiliki kesempatan yang sama untuk menempati posisi KSAD. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Andika Perkasa telah menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI sebagai calon Panglima TNI. Isu publik pun bergeser pada siapa sosok yang bakal mengisi posisi Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ).

Pengamat militer Universitas Paramadina, Anton Aliabbas mengatakan, siapa pun Jenderal TNI AD bintang tiga memiliki kesempatan yang sama untuk menempati posisi tersebut. "Kalau soal KSAD, semua perwira bintang 3 di TNI AD punya kans sama untuk jadi KSAD," kata Anton saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Anton tak bisa berbicara panjang mengenai posisi KSAD tersebut. Yang pasti, kata Anton, nantinya Wanjakti TNI AD akan mengusulkan sejumlah nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan jabatan KSAD.

Baca juga: Eko Margiyono dan Dudung Abdurachman Sama-Sama Berpeluang Jadi KSAD, Lebih Kuat Mana?

"Nanti Wanjakti akan mengusulkan kepada Presiden dan Presiden akan memutuskan," ujar Anton.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi mengirimkan surat ke DPR mengusulkan Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun.

Andika telah menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI, Sabtu (6/11/2021). Ia memaparkan sejumlah program kerja ketika nanti resmi menjabat sebagai Panglima TNI.

Usai mendengarkan paparannya, Komisi I DPR menyetujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Baca juga: Profil Letjen Eko Margiyono, Calon KSAD Pengganti Andika Perkasa
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)