Pangkostrad Dudung: Pemimpin Harus Punya Sense of Crisis

Selasa, 02 November 2021 - 15:45 WIB
loading...
Pangkostrad Dudung: Pemimpin Harus Punya Sense of Crisis
Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Dikreg LXI Seskoad bertempat di Gedung Gatot Subroto Seskoad, Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/11/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman menuturkan bahwa keberhasilan seorang pemimpin bermula dari keberanian untuk mencoba dan mengubah sesuatu yang baru. Menurut dia, ciri seorang pemimpin adalah berani mengambil keputusan yang tepat.

Hal itu dikatakan Dudung saat memberikan ceramah pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Dikreg LXI Seskoad bertempat di Gedung Gatot Subroto Seskoad, Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/11/2021).

"Seorang pemimpin harus punya sense of crisis. Sehingga kehadirannya menjadi problem solving bagi prajurit dan organisasinya," kata Dudung.

Baca juga: Sambangi PBNU, Letjen Dudung Abdurachman Bahas Ini dengan KH Said Aqil

Dia menjelaskan, di dalam sebuah pertandingan pasti ada yang menang dan kalah, tapi menyerah bukanlah pilihan. Menurut dia, salah satu faktor yang memengaruhi kepemimpinan adalah dampak era digitalisasi yang membuat rendahnya ketersediaan lapangan pekerjaan.

"Karena SDM telah digantikan oleh teknologi digital, munculnya pelanggaran hak cipta, munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan kenyataan, munculnya budaya malas gerak karena pengaruh penggunaan teknologi digital dan adanya penipuan digital yang mengatasnamakan orang lain," katanya.

Selesai memberikan ceramah, Pangkostrad juga menggelar sesi tanya jawab dengan para siswa. Kemudian, Dudung juga berkesempatan untuk meninjau mes dan ruang makan para Pasis.

Baca juga: Selain Andika dan Yudo, Dudung Berpotensi Jadi Calon Panglima TNI

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danseskoad Mayjen TNI Anton Nugroho Wadan Seskoad, Ir Seskoad, para Direktur Seskoad, Dankorsis Seskoad, Kakordos Seskoad, para Widyaiswara Seskoad.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)