Pemuda Indonesia Harus Bersatu Melawan Radikalisme dan Terorisme

Minggu, 31 Oktober 2021 - 22:52 WIB
loading...
Pemuda Indonesia Harus Bersatu Melawan Radikalisme dan Terorisme
Ketua Presidium Mafindo mengatakan saat ini dibutuhkan peran pemuda untuk bersatu dan merefleksikan kembali tugas menjaga kedaulatan bangsa dan melanjutkan Sumpah Pemuda. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho, mengungkapkan saat ini dibutuhkan peran pemuda untuk bersatu dan merefleksikan kembali tugas menjaga kedaulatan bangsa dan melanjutkan Sumpah Pemuda . Sebab, akhir-akhir ini bangsa Indonesia kerap diguncang isu-isu yang merujuk pada perpecahan.

"Dampak negatif era digital itu sangat banyak yaitu hoaks, permusuhan, dan provokasi yang dimanfaatkan untuk menyebarkan paham intoleransi dan terorisme. Jadi pemuda saat ini dibutuhkan untuk bisa menentukan, apakah kita masih bersepakat untuk menjaga kedaulatan dan mencegah perpecahan bangsa?" katanya di Jakarta, Minggu (31/10/2021).

Komitmen untuk bersatu dan menjadi bagian dalam menjaga kedaulatan bangsa sebagaimana para pendahulu bangsa kala itu, harus dibekali dengan empat poin dasar dalam konteks era digital Pertama, melindungi diri sendiri dari berbagai manipulasi informasi yang menjauhkan dari semangat kebangsaan dan persatuan serta semangat Pancasila.

Baca juga: Ketika Ganjar Pranowo Jadi Peserta Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda

"Kedua, melindungi keluarga kita, lingkungan dan masyarakat sekitar serta yang terakhir dan yang lebih luas adalah melindungi bangsa ini," tutur pria yang juga aktif dalam berbagai forum nasional dan internasional ini.

Septiaji mengatakan, hal yang menjadi kekahawatirannya sebagai aktivis adalah tantangan kemajuan teknologi meski banyak memberikan manfaatnya tapi juga menyimpan efek negatif. Alih-alih menjadi bangsa yang produktif, jebakan era digital justru menjadikan para pemuda terpenjara dan kecanduan kepada hal-hal yang kontraproduktif.

Menurut Septiaji, dibutuhkan empat pilar yang perlu dimiliki oleh para pemuda di era digital saat ini. "Yang pertama, keahlian atau kecakapan. Kedua, budaya digital yang baik dan etika digital, lalu yang terakhir adalah keamanan digital. Empat pilar tersebut yang bisa melindungi, memperkuat dan memperkaya wawasan para pemuda untuk memastikan agar mereka tidak menjadi korban manipulasi informasi, hoaks, konten provokatif yang tidak beretika," katanya.

Lanjutnya, di samping 4 pilar tadi, ia juga menyinggung mengenai kepekaan pemuda akan toleransi. Menurutnya, toleransi menjadi sangat penting agar para penerus bangsa dari negeri yang kaya akan keberagaman ini tidak boleh gagap toleransi.

Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Ratusan Anak Muda Papua Dilatih Jadi Pengusaha Startup

"Indonesia ini kan budayanya beragam. Jadi, ketika kita bertemu dengan sesuatu yang berbeda itu jangan kemudian mudah menghakimi, jangan mudah berkomentar negatif jangan mudah megajak orang untuk membenci. Jangan jadi gagap toleransi," katanya.

Dengan bekal tersebut diharapkan para pemuda tidak cukup hanya memiliki toleransi tetapi juga bisa mengambil bagian dengan menjaga dan melindungi toleransi untuk mengikis akar masalah dari radikalisme dan terorisme.

Septiaji juga mengingatkan peran serta dukungan pemerintah, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya sangat diperlukan dalam mendukung dan mengarahkan energi para pemuda kepada hal yang positif dan produktif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)