KSAL Belum Pernah Jadi Panglima TNI di Era Jokowi

Minggu, 31 Oktober 2021 - 12:35 WIB
loading...
KSAL Belum Pernah Jadi Panglima TNI di Era Jokowi
Wakil Ketua Komisi I DPR Anton Sukartono Suratto. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sejak Joko Widodo ( Jokowi ) menjabat presiden, Panglima TNI belum pernah dari matra angkatan laut. Sejak tahun 2014, sudah 3 kali Presiden Jokowi mengangkat Panglima TNI.

“Namun, tak sekalipun dalam periode tersebut, matra angkatan laut menjabat Panglima TNI. Sebelumnya Panglima TNI diisi Jenderal Gatot Nurmantyo serta Jenderal Moeldoko yang keduanya berasal dari matra Angkatan Darat. Saat ini, jabatan Panglima TNI diisi oleh dari matra Angkatan Udara. Marsekal Hadi Tjahjanto," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Anton Sukartono Suratto saat dihubungi, Minggu (31/10/2021).

Politikus Partai Demokrat ini mengakui dari ke 3 kepala staf matra TNI saat ini, yang paling terlihat performanya adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. Upayanya yakni, meningkatkan keahilan para prajurit di TNI AD dan pembenahan SDM di lingkungan matra Angkatan Darat.



Namun, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono juga berkinerja bagus. Yudo mengambil sikap tenang berperan aktif menjaga stabilitas keamanan di perairan wilayah NKRI. Salah satunya dengan melakukan pengawasan kapal asing yang membelok masuk ke wilayah teritorial NKRI, bahkan mengamankan wilayah ZEE dari pencurian sumber daya alam tanpa izin.

"Pak Yudo berkomitmen memastikan TNI akan terus menjaga Laut China Selatan agar terus kondusif, walaupun saat ini Republik Rakyat China tengah membuat rancangan undang-undang (RUU) soal penjaga pantai atau coast guard yang akan ditugaskan di Laut Cina Selatan," kata Anton.

Karena itu, kata Anton, Andika dan Yudo adalah putra terbaik bangsa dan memiliki peluang yang sama untuk diusulkan menjadi Panglima TNI. Yang jelas, masing-masing kepala staf memiliki masa tugas yang berbeda.

"Jika tongkat komando Panglima TNI jatuh pada Andika, maka masa jabatannya tidak panjang. Andika Perkasa hanya punya waktu satu tahun, akan memasuki masa pensiun lebih dulu, November 2022. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo akan pensiun pada 2023," ujarnya.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2021. Surat Presiden (Surpres) terkait dengan pencalonan Panglima TNI dikabarkan akan dikirim ke DPR pada Senin pekan depan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)